Pengembangan Model Media Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi
Keywords:
Pembelajaran Jarak Jauh, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Interaksi Daring, Inovasi Media DigitalAbstract
Pembelajaran jarak jauh (PJJ) menjadi pilihan utama dalam pendidikan modern, terutama sejak pandemi global yang mendorong perubahan drastis dalam pola belajar. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi tulang punggung penyelenggaraan PJJ, tidak hanya sebagai media penghubung, tetapi juga sebagai fasilitator interaksi dan pengembangan sumber belajar. Kajian ini membahas peran TIK dalam mendukung pembelajaran jarak jauh, model interaksi pembelajaran berbasis daring, serta strategi pengembangan teknologi untuk menciptakan pengalaman belajar yang efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kajian kepustakaan, dengan merujuk pada teori dan hasil riset dari berbagai ahli pendidikan dan teknologi pembelajaran. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan TIK secara optimal dapat meningkatkan partisipasi, motivasi, dan pemahaman peserta didik, serta memperluas akses terhadap pendidikan yang lebih inklusif dan fleksibel.