Pembelajaran PAI Melalui Bahan Cetak di SDN Larangan
Keywords:
Belajar, Bahan Cetak, Buku Teks, Modul Pembelajaran dan LiterasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses belajar siswa melalui bahan cetak di SDN Larangan. Bahan cetak yang diteliti meliputi buku teks, lembar kerja siswa (LKS), dan modul pembelajaran yang digunakan sehari-hari di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif di kelas, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen bahan cetak yang digunakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas 3 serta guru mata pelajaran dengan mata pelajaran, yaitu: Pendidikan agama Islam di SDN Larangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan cetak di SDN Larangan berperan penting dalam memfasilitasi pembelajaran, terutama dalam aspek, seperti contoh: penguasaan konsep dasar, peningkatan literasi baca, dan kemandirian belajar. Namun, ditemukan juga beberapa tantangan, seperti contoh: ketersediaan bahan cetak yang terbatas, desain yang kurang menarik, atau kurangnya variasi latihan. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya peningkatan kualitas dan kuantitas bahan cetak, serta pelatihan bagi guru dalam mengoptimalkan pemanfaatan bahan cetak untuk menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan bermakna.