Pemanfaatan Fasilitas Media Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran PAI

Authors

  • Muhamad Ibtissam Han Universitas PTIQ Jakarta Author
  • M Farhan Universitas PTIQ Jakarta Author
  • M Andika Saputra Universitas PTIQ Jakarta Author
  • Abdul Rahman Universitas PTIQ Jakarta Author
  • Fatan Akmal Zacky Universitas PTIQ Jakarta Author

Keywords:

Pembelajaran Jarak Jauh, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pendidikan Digital, e- Learning, Tantangan Pendidikan

Abstract

Dalam era globalisasi dan revolusi industri 4.0, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah menjadi bagian penting dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Salah satu bentuk implementasi nyata dari kemajuan TIK dalam dunia pendidikan adalah model pembelajaran jarak jauh (PJJ). Model ini menjadi semakin relevan dan masif digunakan sejak terjadinya pandemi COVID-19, yang memaksa lembaga-lembaga pendidikan di seluruh dunia untuk menggantikan metode tatap muka konvensional dengan pembelajaran daring. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam bagaimana TIK dimanfaatkan dalam pelaksanaan PJJ, dengan pendekatan kajian kepustakaan (library research). Berbagai teori, pandangan para ahli, serta hasil penelitian terdahulu dikaji untuk membangun pemahaman yang komprehensif terkait efektivitas, tantangan, dan potensi dari pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi. Kajian ini menunjukkan bahwa PJJ berbasis TIK memiliki sejumlah keunggulan, antara lain kemudahan akses terhadap materi pembelajaran, fleksibilitas waktu dan tempat, serta beragamnya media yang bisa dimanfaatkan dalam proses belajar. Namun demikian, tidak dapat diabaikan adanya berbagai tantangan, seperti keterbatasan akses internet di wilayah tertentu, rendahnya kompetensi digital sebagian pendidik dan peserta didik, serta minimnya interaksi sosial yang berdampak pada psikologis siswa. Melalui kajian ini disimpulkan bahwa keberhasilan implementasi PJJ berbasis TIK sangat ditentukan oleh kesiapan infrastruktur digital, peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam mengelola teknologi pembelajaran, serta dukungan kebijakan yang berpihak pada pemerataan akses pendidikan. Dengan demikian, perlu adanya kolaborasi lintas sektor untuk menjadikan TIK sebagai alat pemajuan pendidikan yang inklusif dan berkelanjutan.

 

Downloads

Published

2025-08-14