Blended Learning: Pemaduan Pembelajaran Tatap Muka dan Online

Authors

  • Erna Fauziah Universitas PTIQ Jakarta Author
  • Gufron Fathur Rahman Universitas PTIQ Jakarta Author
  • Hanan Pratama Putra Universitas PTIQ Jakarta Author
  • Ariyo Tri Wibowo Universitas PTIQ Jakarta Author
  • Agung Masyhuri Universitas PTIQ Jakarta Author
  • Habib Universitas PTIQ Jakarta Author

Keywords:

Blended Learning, Pembelajaran Digital, Pendidikan Hybrid, Strategi Pembelajaran

Abstract

Blended Learning merupakan pendekatan pembelajaran yang menggabungkan metode tatap muka dengan pembelajaran berbasis teknologi digital. Model ini menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di era digital dengan memanfaatkan fleksibilitas, aksesibilitas, dan personalisasi dalam proses belajar. Artikel ini membahas pengertian Blended Learning, berbagai model yang umum digunakan seperti rotasi, flex, self-blend, dan online driver, serta keunggulan dan tantangan dalam penerapannya. Selain itu, disampaikan pula strategi penerapan yang efektif, seperti penggunaan platform pembelajaran yang mudah diakses, pelatihan guru dan siswa, penyusunan konten yang interaktif, evaluasi berkala, dan kolaborasi dengan orang tua. Meskipun dihadapkan pada kendala infrastruktur dan kesenjangan digital. Blended Learning tetap menjadi pendekatan yang relevan dan adaptif untuk masa depan pendidikan.

Downloads

Published

2025-08-14