Analisis Pengembangan Model Belajar Melalui Media Video Pada Mata Pelajaran PAI di MTS Al-Amanah
Keywords:
Media video, Model pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, MTs Al-Amanah, Inovasi pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan model pembelajaran melalui media video pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs Al-Amanah. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya inovasi dalam metode pengajaran, khususnya dalam menyampaikan materi PAI agar lebih menarik, interaktif, dan relevan dengan perkembangan teknologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, memperkuat pemahaman materi, serta menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan partisipatif. Pengembangan model pembelajaran melalui media video juga dinilai efektif dalam menyesuaikan gaya belajar siswa yang beragam, serta membantu guru dalam menyampaikan konsep-konsep abstrak dalam ajaran Islam secara lebih konkret dan visual. Dengan demikian, pemanfaatan media video sebagai bagian dari strategi pembelajaran di MTs Al-Amanah dapat menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di era digital.