Efektivitas Penggunaan Media Bahan Cetak dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Az-Zahra Pondok Petir
Keywords:
Media pembelajaran, Bahan cetak, Pendidikan agama islam, inovasi pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan media bahan cetak dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Az-Zahra Pondok Petir. Pendekatan yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa guru PAI secara aktif menggunakan media bahan cetak seperti buku paket, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan modul ajar sebagai media utama dalam pembelajaran. Wawancara dengan guru dan siswa mengungkapkan bahwa media bahan cetak dinilai praktis, mudah digunakan, serta efektif dalam membantu pemahaman materi. Dokumen RPP dan modul ajar juga menunjukkan peran sentral bahan cetak sebagai bagian dari perencanaan pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media bahan cetak masih relevan dalam mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran PAI, terutama dalam konteks sekolah dengan ketersediaan teknologi terbatas. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan bahan cetak yang kontekstual dan terintegrasi dengan kurikulum agar pembelajaran lebih bermakna dan terstruktur.