Inovasi Pembelajaran Guru Dengan Media Digital di Era 5.0 sebagai Daya Pikat Siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)
Keywords:
Inovasi, Digital, Era 5.0, Daya PikatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendalami dan menganalisis inovasi pembelajaran guru dalam mengintegrasikan media digital di era 5.0 sebagai strategi daya pikat siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Peningkatan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan paradigmatik dalam dunia pendidikan, memasuki era 5.0 yang ditandai dengan adopsi teknologi berbasis kecerdasan buatan, Internet of Things, dan interkoneksi yang semakin luas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru PAI, siswa, serta analisis dokumen terkait. Responden penelitian ini adalah guru PAI dan siswa kelas yang telah mengalami pembelajaran dengan inovasi media digital. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran mendalam tentang strategi inovatif yang diterapkan oleh guru PAI dalam mengintegrasikan media digital, serta dampaknya terhadap ketertarikan dan partisipasi siswa dalam pembelajaran PAI. Analisis data akan mengidentifikasi kelebihan dan kendala dalam penerapan inovasi ini, serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI melalui media digital di era 5.0. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan model pembelajaran berbasis teknologi dalam konteks pelajaran PAI, sekaligus memberikan pandangan yang lebih komprehensif terkait tantangan dan peluang pembelajaran di era 5.0.