Inovasi Pembelajaran Guru Dengan Media Digital di Era 5.0 sebagai Daya Pikat Siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)

Authors

  • Nur Afif Universitas PTIQ Jakarta Author

Keywords:

Inovasi, Digital, Era 5.0, Daya Pikat

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendalami  dan  menganalisis  inovasi  pembelajaran guru  dalam  mengintegrasikan  media digital di era 5.0 sebagai strategi  daya pikat  siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Peningkatan teknologi informasi dan komunikasi telah  membawa  perubahan  paradigmatik  dalam  dunia  pendidikan, memasuki era 5.0 yang  ditandai  dengan adopsi teknologi berbasis kecerdasan  buatan, Internet of Things, dan interkoneksi  yang  semakin luas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru PAI, siswa, serta analisis dokumen terkait. Responden penelitian ini adalah guru PAI dan siswa kelas yang telah mengalami pembelajaran dengan inovasi media digital. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran mendalam tentang strategi inovatif yang diterapkan oleh guru PAI dalam mengintegrasikan media digital, serta dampaknya terhadap ketertarikan dan partisipasi siswa dalam pembelajaran PAI. Analisis data akan mengidentifikasi kelebihan dan kendala dalam penerapan inovasi ini, serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI melalui media digital di era 5.0. Penelitian ini diharapkan  dapat memberikan  kontribusi  terhadap  pengembangan model pembelajaran berbasis teknologi dalam  konteks pelajaran PAI, sekaligus memberikan pandangan  yang  lebih komprehensif  terkait  tantangan  dan  peluang  pembelajaran  di era 5.0.

Downloads

Published

2025-05-05