Korelasi Program Remedial terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 7 Tangerang Selatan

Authors

  • Fikri Maulana Universitas PTIQ Jakarta Author
  • Maula Sufi Ramadhina Universitas PTIQ Jakarta Author

Keywords:

Program Remedial, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Korelasi Program Remedial Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 7 Tangerang Selatan, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah Universitas PTIQ Jakarta. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah adanya Korelasi Program Remedial Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 7 Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian Field Research dan menggunakan pendekatan korelasional. Rancangan penelitian ini menggunakan desain korelasi. Dalam penelitian yang menjadi populasi adalah peserta didik kelas VIII. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dari analisis data dan uji korelasi yang telah penulis dalam hasil pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa: Berdasarkan hasil uji hipotesis variabel program remedial dan prestasi belajar tidak terdapat korelasi antara keduanya. Hal ini dapat dilihat berdasarkan pada hasil perhitungan SPSS yang didapat dalam Pearson Correlation/nilai korelasi untuk program remedial adalah dengan sig (2-tailed) sebesar 0,989 dan untuk prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah dengan sig (2-tailed) sebesar 0,989, yang dimana apabila sig (2-tailed) sebesar 0,989 > 0,05 atau lebih besar dari 0,05 bahwa hubungan antara kedua variabel adalah positif. Dan dapat dilihat dari derajat korelasi yaitu senilai -0,002 yang dimana sangat tidak ada korelasinya.

Downloads

Published

2025-05-05