Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Depok
Keywords:
Model Pembelajaran Group Investigation, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama IslamAbstract
SMP Negeri 2 Depok merupakan sekolah adiwiyata berakreditasi A yang sudah menerapkan model pembelajaran inovatif dan kooperatif salah satunya group investigation. Adapun, fokus masalah dalam penelitian ini yaitu tentang model pembelajaran group investigation terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa di SMP N 2 Depok yaitu kelas VII, VIII dan IX, sedangkan sampelnya di kelas VIII H-K. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: angket, dokumentasi, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan rxy= 0,540, melihat rhitung lebih besar daripada rtabel baik pada taraf signifikansi 5% (0,279) maupun 1% (0,361) pada df 52 (df = N-2). Maka ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Depok.