Efektivitas Implementasi Metode Make a Match pada Pelajaran Fikih di MTs Hidayatul Umam
Keywords:
Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik, Metode Make a Match, FikihAbstract
Pemilihan metode pembelajaran yang tepat sangat mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belaar peserta didik. Dikelas VIII MTs Hidayatul Umam metode pembelajaran yang digunakan pendidik yaitu metode ceramah dan tanya jawab. Pendidik berusaha melibatkan selruh peserta didik dalam proses ppembelajaran serta merangsang keatktifan belajar peseta didik. Namum, keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajarn hanya di dominasi oleh sebagian peserta didik tertentu saja. Serta masih banyak peserta didik yang urang berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Sehingga aktivitsa dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih tergolong rendah. Oleh kkarena itu perlu diterapkan suatu pembelajaran yang dapat membuat peserta didik aktif. Salah metode yang digunakan yaitu metode make a match, metode make a match yaitu peserta didik mencari pasangan sambal belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan. Jenis penelitian ini adalah Peneltian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus dilakukan dengan dua kali pertemuan, dengan empat tahap, yaitu perencanaan,pelaksanaan,observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII dengan jumlah 30 peserta didik.data dilakukan melalui lembar observasi dan tes pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa, rata-rat hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Presentase ketuntasan juga meningkat. Pada pra siklus presentase ketuntasan sebesar 43,4%. Siklus I sebesar 54,3% dan siklus II 80%. Adapun aktivitas belajar peseta didik juga meningkat. Pada pra siklus rata-rata aktivtas belajar siswa sebesar 51,55%. Siklus I sebesar 53,44% dan siklus II sebesar 74,36%. Dengan demikian metode pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivisitas peserta didik di kelas VIII MTs Hidayatul Umam.