Komitmen Tugas Guru Dan Kemampuan Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab

Authors

  • Wildan Alwi Universitas PTIQ Jakarta Author

Keywords:

Komitmen, Tugas Guru, Kemampuan Mengajar, Hasil Belajar, Bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara komitmen tugas guru dan kemampuan mengajar guru dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab. Penelitian ini dilakukan dalam kerangka penelitian pustaka (library research) dengan menganalisis literatur yang relevan dalam bidang pendidikan Bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen tugas guru dan kemampuan mengajar guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Arab. Guru yang memiliki komitmen tugas yang tinggi cenderung lebih fokus dan berdedikasi dalam mengajar, sehingga dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi siswa. Kemampuan mengajar guru juga menjadi faktor kunci dalam meningkatkan hasil belajar, karena guru yang kompeten mampu menyampaikan materi dengan efektif dan memotivasi siswa untuk belajar Bahasa Arab. Penelitian ini menekankan pentingnya dukungan dan pengembangan komitmen tugas guru serta peningkatan kemampuan mengajar guru melalui pelatihan dan pengembangan profesionalisme. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar bagi lembaga pendidikan dan pihak terkait untuk meningkatkan kualitas pendidikan Bahasa Arab, dengan fokus pada peran guru dalam mencapai hasil belajar yang lebih baik.

 

Downloads

Published

2025-05-05