Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Pada Saat Tatap Muka dan Pembelajaran Daring (Studi Kasus Mata Pelajaran PAI Kelas 5 di SD Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta)

Authors

  • Siti Istiqomah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta Author
  • Lia Nurul Fauziyah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta Author

Keywords:

Prestasi Belajar, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Tatap Muka

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan prestasi belajar siswa pada pembelajaran PAI Kelas V pada saat pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring di SD Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis ex post facto, menggunakan penelitian ini karna data nya yang sudah ada yaitu dengan menggunakan nilai dan penelitian ini menggunakan intrumen dokumentasi. Populasi yang digunakan penulis yaitu seluruh anak kelas V di SD Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta dengan jumlah 100 peserta didik. Penulis menggunakan metode pengambilan sampel nya yaitu menggunakan teknik Sampling jenuh, yaitu teknik penentuan bila semua anggota populasi dijadikan sample. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka yang dijadikan sample dalam penelitian ini adalah seluruh dari populasi yang diambil, yaitu seluruh siswa-siswi kelas V di SD Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta yang berjumlah 100 orang. Hasil dari uji “t” diketahui bahwa hasil thitung nya adalah 0,74, lalu dilanjutkan dengan lihat ttabel nilai koefisien “t” dari 100 dengan taraf kesalahan sebesar 5% adalah 1,97. Maka thitung < ttabel = 0,74 < 1,97. Dari angka tersebut yang artinya hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini ditolak dan Ho diterima. penelitian ini membuktikan tidak ada nya perbedaan prestasi siswa pada pembelajaran PAI di kelas V pada saat pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring di SD Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta.

Downloads

Published

2025-05-05