Motivasi Beragama Menurut Al-Qur'an dan Psikologi dan Implikasinya dalam Pendidikan

Authors

  • Jamil Abdul Aziz Universitas PTIQ Jakarta Author

Keywords:

Agama, Al-Qur’an, Psikologi, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apa yang mendorong manusia dalam memeluk suatu agama. Lebih spesifik lagi, apa yang mendorong manusia dalam memeluk suatu agama dalam sudut pandang Al-Qur’an dan Psikologi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, yang dimana metode kualitatif ini adalah penelitian yang menggunakan penelitian kualitatif, maka penelitian ini merupakan yang tidak menggadakan perhitungan data secara kualitatif. Disebut kualitatif karena merupakan penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena yang dialami oleh subyek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi dan juga tindakan-tindakan yang berhubungan dengan adanya penelitian kualitatif tersebut. Dan disebut deskriftif karena penelitian ini bertujuan untuk menguraikan tentang sifat-sifat karakter suatu keadaan dalam bentuk bahasa. Teknik pengumpulan data mengunakan studi dokumentasi atu kajian kepustakaan (library research). Secara hemeneutis, kajian kepustakaan ini dilakukan dengan penghayatan secara langsung dan arti secara rasional. Pengolahan  dan  analisis  data menggunakan  analisis  deskriptif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa motivasi manusia dalam perspektif Al-Qur’an adalah fitrah. Sedangkan dalam sudut pandang psikologi motivasi manusia beragama terbagi ke dalam dua pandangan yaitu pelarian dari kenyataan sebagaimana dikemukakan oleh Freud dan kedua menyetujui bahwa agama adalah kebutuhan alamiah manusia (fitrah) sebagaimana dikemukakan oleh Carl G Jung. Adapun implikasi motivasi beragama dalam pendidikan bisa dilaksanakan dengan pendekatan interdisipler, operatif. Intinya adalah bagaimana sebuah pendidikan tidak hanya menjadikan manusia sebagai objek material dan kognitif saja akan tetapi diisi dengan nilai-nilai spiritual keagamaan dalam setiap proses pembelajaran di dalamnya.

Downloads

Published

2025-05-05