Upaya Penguatan Life Skills melalui Modernisasi Kurikulum Dayah
Keywords:
Kurikulum, Dayah, Modernisasi, Life SkillAbstract
Tujuan penelitian adalah menganalisis modernisasi kurikulum pada tiga Dayah yaitu Dayah Mudi Mesra Samalanga, Dayah Darul’ Ulum, dan Dayah Insan Qur’ani di Provinsi Aceh. Hal ini untuk membantu siswa mengembangkan kepribadian kompetitif dan mandiri. Penelitian ini mengadopsi perspektif fenomenologis dan metodologi penelitian kualitatif berdasarkan sumber tertulis dan lisan, data observasi, dan referensi ilmiah terkait. Penelitian ini menemukan bahwa Dayah di Aceh telah mengalami perubahan sistematis untuk lebih memenuhi tuntutan santri dalam menghadapi tantangan masa kini. Dayah menawarkan program keterampilan hidup, seperti pertukangan kayu, pertanian, dan beternak sapi yang bermanfaat bagi keterampilan siswa. Hal ini menunjukkan bahwa Dayah telah beradaptasi dengan perubahan zaman sebagai lembaga budaya dengan meningkatkan tujuan, strategi pengajaran, dan alat penilaiannya. Dampak modernisasi kurikulum terhadap kemandirian belajar telah membawa peningkatan baik dalam jumlah maupun kualitas siswa. Kenyataan empiris ini mendukung bahwa keikhlasan dan ketakwaan harus ditanamkan dengan cara yang lebih praktis. Siswa perlu diberikan kecakapan hidup yang memungkinkannya hidup mandiri sekaligus berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat. Temuan ini menolak klaim Moulton (2008) yang menyatakan bahwa iklim intelektual di lembaga pendidikan Islam tradisional hanya mentransmisikan aturan dan norma, tidak mendorong siswa untuk menantang tradisi Islam atau terlibat dalam pemikiran independen dan kritis.