Pemanfaatan Digital Marketing untuk Pengembangan UMKM di SML UMKM Centre

Authors

  • Vasco A H Universitas Pelita Harapan Author
  • Jimmy M H S Universitas Pelita Harapan Author
  • Helen Febriyani Universitas Pelita Harapan Author
  • Jenise Christy Universitas Pelita Harapan Author
  • Venty Ventyani Universitas Pelita Harapan Author

DOI:

https://doi.org/10.59833/6yyhhz33

Keywords:

Digital Marketing, Sosial Media, Pengabdian Kepada Masyarakat, Tridharma Perguruan Tinggi

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat dengan judul “Pemanfaatan Digital Marketing untuk Pengembangan UMKM di SML UMKM CENTRE” dilakukan dengan tujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan baru kepada para pelaku usaha di SML UMKM CENTRE agar dapat mengembangkan usaha melalui platform online untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Pengetahuan mengenai digital marketing dikatakan masih kurang di masyarakat SML UMKM CENTRE, untuk itu penulis melakukan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dilakukan secara online dengan melakukan webinar melalui aplikasi Zoom meeting untuk mempermudah mitra dalam mengikuti kegiatan ini. Penelitian Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan desktiptif. Dalam kegiatan ini dilakukan penyebaran Pre-test dan Post-test untuk mengetahui pemahaman peserta mengenai materi yang telah disampaikan oleh para pembicara pada kegiatan webinar yang diselenggarakan. Dengan penggunaan media sosial untuk menjual barang dan jasa akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan penjualan para pelaku usaha. Promosi seperti pemasangan iklan, endorsement, dan mengikuti event promosi juga akan sangat membantu dalam meningkatkan penjualan di sosial media. Dalam Kegiatan Pengabdian masyarakat ini dijelaskan awal mula perkembangan digital marketing, bagaimana digital marketing di media sosial dapat berpengaruh bagi penjualan barang dan jasa, dan digital marketing apa saja yang digunakan untuk mempromosikan barang dan jasa. Dengan melakukan Pengabdian kepada Masyarakat di tempat ini, tim peneliti berharap agar wawasan dan materi yang diberikan akan berguna dan diaplikasikan para pelaku usaha di SML UMKM CENTRE setelah mengikuti webinar ini. Tips dan Trick telah diberikan oleh para pembicara untuk memudahkan para peserta dalam mengembangkan usaha mereka. Hasil dari Pre-test dan Post-test peserta juga menunjukkan bahwa para peserta dapat memahami dan mengerti mengenai materi yang disampaikan oleh pembicara webinar.

Downloads

Published

2025-02-27

How to Cite

Pemanfaatan Digital Marketing untuk Pengembangan UMKM di SML UMKM Centre. (2025). Al-Tasyree: Jurnal Bisnis, Keuangan Dan Ekonomi Syariah, 14(02), 142-148. https://doi.org/10.59833/6yyhhz33

Similar Articles

1-10 of 13

You may also start an advanced similarity search for this article.