Peran Perusahaan Tour & Travel dalam Meningkatkan Minat Pariwisata Halal (Studi pada ESQ Tour & Travel)

Authors

  • Dito Alif Pratama Insitut PTIQ Jakarta Author
  • Inna Imanestia Habibah Insitut PTIQ Jakarta Author

DOI:

https://doi.org/10.59833/vapdpz61

Keywords:

Pariwisata Halal, Minat Konsumen, ESQ Tour & Travel

Abstract

Potensi penduduk muslim secara global yang besar untuk menjadi target kunjungan wisata serta jumlah pengeluaran penduduk muslim dunia di sektor pariwisata. Pengeluaran penduduk muslim dunia di sektor ini menjadi perhatian berbagai negara di dunia untuk menarik wisatawan muslim berkunjung. Pendekatan field research, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahapan pengumpulan data melalui prosedur reduksi, penyajian serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian pada PT ESQ Tour & Travel ditemukan bahwa: Pertama, program wisata halal pada ESQ terbagi menjadi dua (internasional dan domestik), pada kelas internasional menyediakan: Program Haji khusus, Program Umroh dan ESQ Halal Holiday, sedangkan pada kelas domestik menyediakan: Plesiran dan ESQ Study Tour. Kedua, upaya ESQ Tour & Travel dalam mensosialisasikan wisata halal melalui strategi marketingnya sendiri, diantaranya melalui: a) Iklan (Advertising) melalui Website, Email, Media massa, Baliho, Majalah, dan Sosial media; b) Pemasaran Langsung; c) Pemasaran Interaktif; d) Promosi Penjualan; e) Hubungan Masyarakat. Terakhir yang ketiga, Faktor Pendukung dan Penghambat Dalam Upaya Penyelenggaraan Wisata Halal oleh PT ESQ Tour & Travel di antaranya adalah pertama, Faktor pendukungnya; 1) Regulasi dukungan pemerintah terkait sertifikasi restoran yang menyediakan makanan halal; 2) Ketersediaan tempat ibadah, masjid atau mushola di tempat tujuan wisata; 3) Negara yang memiliki penduduk mayoritas muslim; 4) Negara yang memiliki hubungan bilateral yang baik dengan Indonesia. Faktor penghambatnya adalah 1) Kurangnya promosi terkait wisata halal di indonesia); 2) Negara tujuan tidak ramah muslim; 3) Fasilitas ibadah sulit di temui di tempat wisata dan restoran; 4) Restoran yang tidak bersertifikat halal sehingga membuat wisatawan muslim ragu; 5) Syarat wisata halal yang belum disepakati oleh banyak negara.

Downloads

Published

2025-02-27

How to Cite

Peran Perusahaan Tour & Travel dalam Meningkatkan Minat Pariwisata Halal (Studi pada ESQ Tour & Travel). (2025). Al-Tasyree: Jurnal Bisnis, Keuangan Dan Ekonomi Syariah, 14(01), 11-21. https://doi.org/10.59833/vapdpz61

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.