Penggunaan Dompet Digital dan Wallet Terhadap Budaya Konsumtif pada Masyarakat di Kota Tangerang Serta Pandangan Syariah Tentang Etika Konsumsi
DOI:
https://doi.org/10.59833/kfdnn270Keywords:
Dompet Digital, Budaya Konsumtif, IslamAbstract
Banyak penyedia jasa wallet (dompet digital) seperti Dana, Ovo, T-Cash, Gopay, Linkaja, Isaku, Sakuku, Jenius, dll yang diminati oleh masyarakat saat ini menjadi fenomena yang menarik untuk dikaji terutama dari sisi pengaruhnya terhadap budaya konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan dompet digital terhadap budaya konsumtif masyarakat Kota Tangerang. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan dua variabel yaitu variabel persepsi terhadap dompet digital dan variabel budaya konsumtif. Dari hasil uji analisis penelitian ini menemukan bahwa perkembangan teknologi yang diiringi dengan hadirnya dompet digital memiliki pengaruh yang signifikan terhadap budaya konsumtif masyarakat Kota Tangerang.