Pengajaran Pendidikan Agama Islam dan Pengaruhnya terhadap Pembentukan Adversity Quotient Siswa

Authors

  • M. Naelul Mubarok Universitas PTIQ Jakarta Author

DOI:

https://doi.org/10.37542/ys2sq468

Keywords:

Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Adversity Quotient

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empiric terkait pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan Adversity Quotient siswa. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan Jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Parung yang berjumlah 224 siswa dengan responden sebanyak sampel 30 siswa. Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: angket/kuesioner, dokumentasi, observasi. Jenis analisis yang digunakan adala analisis korelasi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Adversity Quotient siswa dengan koefisien korelasi (r) sebesar adalah 0,796 (sangat kuat), dan koefisien determinasi R2 (R square) = 0,634, yang berarti bahwa  Pembelajaran Pendidikan agama islam memberikan pengaruh terhadap Adversity Quotient siswa sebesar  0,634% dan sisanya yaitu 36,6% ditentukan oleh faktor lainnya.

Downloads

Published

2025-04-22