Implementasi Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Pembelajaran Kitab-Kitab Salaf

Authors

  • Firman Ma’duali Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta Author
  • Siskandar Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta Author
  • Akhmad Sunhaji Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta Author

DOI:

https://doi.org/10.37542/ege1ep48

Keywords:

Implementasi Metode Diskusi, Pembelajaran Kitab-Kitab Salaf

Abstract

Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah: Pertama, Metode diskusi dilakukan dalam bentuk Tanya Jawab antara pengajar dan santri saat pengajaran model bandongan. Dalam diskusi ini setiap kelompok berdiskusi dengan berbagai literatur yang akademisi. Diskusi ini terkadang dibuat dalam model SSC (Santri Study Club) yang mengikuti model ILC (Indonesia Lawers Club). Selain itu metode diskusi juga digunakan dalam bentuk presentasi, setiap santri ditugaskan untuk mempresentasikan suatu tema pembahasan dalam suatu kitab salaf kemudian mendiskusikan secara bersama-sama maksud dari isi kitab tersebut. Kedua, Model diskusi di pesantren khatamun nabiyyin berbeda dengan model diskusi dalam proses belajar mengajar secara umum. Jika umumnya diskusi dilakukan secara bebas dengan kesimpulan yang bebas pula, maka diskusi di pesantren Khatamun Nabiyyin dilaksanakan secara terpimpin untuk mendalami suatu pembahasan tertentu, dengan kesimpulan yang bebas tetapi tetap bersesuaian keilmuan yang diajarkan oleh kyai atau ustadz.

Published

2025-04-21