Corak Penanaman Karakter Kemandirian dalam Pesantren Basis Modern
Keywords:
Pendidikan Karakter, Independen, Pesantren ModernAbstract
Karakter adalah sifat atau ciri khas seseorang yang sudah melekat pada dirinya yang dapat membedakan dengan orang lain. Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang penting untuk ditanamkan didalam diri peserta didik dengan harapan karakter dalam diri peserta didik dapat memiliki karakter yang kompeten. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Modern Al Azhar Muncar yang berlokasi di Banyuwangi, Jawa Timur. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana pesantren modern menanamkan karakter dengan basis modern. Peniliti ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengidentifikasi pendidikan karakter yang berada di Pondok Pesantren Modern Al Azhar Muncar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman karakter kemandirian melalui rutinitas sehari-hari dengan melakukan kegiatan yang ada didalam pondok pesantren tersebut.
References
Anees, B. Q. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Bandung: Simbiosa Rakatama. Asmaun Sahlan. 2013. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam (Kajian Penerapan
Pendidikan Karakter di Lembaga Pendidikan Islam). El-HiKMAH, 9(2), 139–149 Barnawi, Imam. 1993. Tradisionalisme Dalam Pendidikan Islam. Surabaya: Al Ikhlas. Departemen Agama RI Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, Direktorat
Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren Proyek Peningkatan Pendidikan Luar Sekolah pada Pondok Pesantren. 2003. Pola Pengembangan Pondok Pesantren. Jakarta.
Hasbullah. 1999. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia:Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Ma’arif, Syamsul. 2008. Pesantren Vs Kapitalisme Sekolah. Semarang : Need’s Press. Mastuhu. 1994. Dinamika Sistem Pendidiksn Pesantren: Suatu Kajian tentang Unsur dan
Nilai Sistem Pendidikan. Jakarta: INIS
Mu’in, F. 2011. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoretik dan Praktik. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Mujib, Abdul. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Penada Media.
Qomar, Mujamil (2004). Pesantren: Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokrasi Institusi. Jakarta: Erlangga.
Raharjo, M. Dawam (1985). Pergaulan Dunia Pesantren , Membangun Dari Bawah.
Jakarta: P3M
Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Remaja Rosda Karya
Subekti, M. Y. A. 2015. Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Anak-Anak.
TA?LIMUNA, 4(1), 55–72
Zakiyah Daradjat. 2006. Islam Untuk Disiplin Ilmu Sosiologi, Jakarta: Rineka Cipta.
Suparlan, Pendidikan Karakter Sedemikian Pentingkah dan Apakah yang Harus Kita Lakukan, dalam Suparlan.com dipublikasikan 15 Oktober 2010
Zubaedi, Disain Pendidikan KarakterKonsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, (Jakarta :Kencana, 2013),