Fungsi Actuating dan Directing dalam Meningkatkan Perilaku Ibadah Santri
Keywords:
Manajemen, Dakwah, Perilaku, Ibadah, SantriAbstract
Penelitian ini menganalisis peran manajemen dakwah dalam meningkatkan perilaku ibadah santri di Pondok Pesantren Muhammad Amin Rajo Tiang So, Jambi. Fokus studi mencakup analisis faktor pendukung dan penghambat dalam upaya meningkatkan perilaku ibadah santri. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tiga tahap: reduksi, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya meningkatkan perilaku ibadah santri melibatkan perencanaan, organisasi, aktualisasi, dan pengawasan program dakwah melalui aktivitas mengaji Al-Qur'an dan kitab kuning serta budaya pesantren. Faktor pendukung meliputi motivasi belajar santri, peran orang tua, kesadaran beribadah berjama'ah dan mengaji, serta dukungan pengasuh dan ustadz. Namun, terdapat faktor penghambat seperti kurangnya disiplin, pengaruh teknologi informasi, pergaulan negatif, dan ketidaknyamanan terhadap peraturan. Untuk mengatasi hambatan tersebut, diperlukan keterlibatan aktif santri, pengawasan yang lebih intensif, pengelolaan pendanaan yang lebih baik, serta interaksi lebih dekat antara pengurus, pengasuh, dan santri. Studi ini memberikan pemahaman tentang pentingnya manajemen dakwah dalam membentuk perilaku ibadah santri di era teknologi informasi yang semakin maju.
References
Aliyudin, 2009 .Dasar-Dasar ilmu Dakwah. Bandung: widia Panjaitan.
Arsad, Azhar. 2003. Pokok:pokok Manajemen. Yokyakarta: Pustaka. belajar.
Azwar, Saifuddin, 1998, Metodologi Penelitian kualitatif, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Husen Umar, 2001. Strategi Manajemen In Action Jakarta: PT Gramadia Pustaka Umum.
Illahi, Wahyu. 2010. Kemunikasi Dakwah, Bandung: PT Remaja Rosda Karya Offset.
M. Manulang, 1998 Dasar- Dasar Manajemen. Cet. 1:Jakarta: Galia.Indonesia
Mahmudin, 2004, Manajemen Dakwah, Jakarta: Restu Ilahi.
Moleong, lexy J., 2006, Metedologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhajjir, Neong. 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasain.
Mukhtarom, Zaini. 2007, Dasar-Dasar Manajemen Dakwah. Yogyakarta: AL-Amin Pres.
Munir Amin. 2009. Metode Dakwah. Jakarta: Amzah .
Munir, 2009. Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana Peranada Media grup.
Pangkyim, t.th. 2003, Manajemen Suatu Pengantar , Jakarta: Gladia Indonesia.
Rahma Dwi. 2003. Manajemen Strategik, Malang UMM Pres.
Rosyad, Sholeh, Abd. 1977. Manajemen Dakwah Islam. Jakarta: bulan Bintang.
Sarwato, 1978, Dasar-Dasar Oraganisasi dan Manajemen, Jakarta: Ghalia Indonesai.
Siagian, P Sondang. 1982. Analisis Serta Perumusan Kebijaksanaan dan Strategi Oraginisasi. Jakarta: Gunung Agung.
Soenarjo, dkk., 2003, AL-Qu’an dan Terjemahnya, Jakarta: Depag RI.
Syukir, Asmuni. 1983. Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam. Surabaya: AL-Ikhlas.
Yaqub. 1981. Publistik Islam Teknik Dakwah Leadesrship. Bandung: Diponegoro.
Yusuf, Yunan. 2006 Manajemen Dakwah, Arti, Sejarah, Peranan dan Sarana Manajemn Dakwah. Jakarta: Kencana.
Zikron, Abdullah. 1987. Metodologi Dakwah. Semarang: Fakultas Dakwah IAIN.