Karakteristik Siswa Program Tahfidz dalam Proses Menghafal di SMA Al-Muhajirin Purwakarta Ditinjau dari Tipologi Kepribadian Hippocrates-Galenus

  • Lutfiah Sani Sani Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Erni Munastiwi Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Keywords: Tahfidz Al-Qur'an, Personality Typology

Abstract

This study identifies and describes the characteristics of the Tahfidz program students in the process of memorizing the Qur'an at Al-Muhajirin High School Purwakarta as one of the educational institutions that has the Tahfidz Al-Qur'an program for class X-XI students located in the Citapen area of ​​Purwakarta. West Java. Researchers formulate problems related to personality types and student characteristics in the process of memorizing the Qur'an in terms of the Hippocrates-Galenus personality typology. The approach used is descriptive qualitative with test and interview methods. Based on the results of the study, it was identified that the students of the Tahfidz program at SMA Al-Muhajirin Purwakarta had 4 mixed personality types including a natural mixture, namely Melancholy-Phlegmatic, complementary mixture, namely Sanguine-Phlegmatic and Melancholy-Choleric, and the opposite mixture, namely Choleric-Phlegmatic. Characteristics of Tahfidz program students in the process of memorizing the Qur'an regarding the motivation and methods used to memorize the Qur'an in terms of the Hippocrates-Galenus personality typology.

References

Abdul Rahman, Agus. (2018). Sejarah Psikologi: Dari Klasik Hingga Modern. 1 ed. (Depok: Rajawali Pers).

Agus Supriono, Iwan. & Rusdiani, Atik. (2019). “IMPLEMENTASI KEGIATAN MENGHAFAL AL-QURAN SISWA DI LPTQ KABUPATEN SIAK,” Jurnal Isema (Jurnal Islamic Education Manajemen) 4, no. 1: 55-64, https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5281.

Agustina, Meirani., Yusro, Ngadri., Bahri, Syaiful. (Juni 2020). “Strategi Peningkatan Minat Menghafal Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Ar-Rahmah Curup,” Didaktika: Jurnal Kependidikan 14, no. 1.

Alawiyah Wahid, Wiwi. (2014). Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an. (Jogjakarta: DIVA Press).

B. F., Weller. (2005). Kamus Saku Perawat, 22 ed. (Jakarta: EGC).

Budiningsih, C. Asri. (2011). “Karakteristik Siswa Sebagai Pijakan dalam Penelitian dan Metode Pembelajaran,” Cakrawala Pendidikan XXX, no. 1: 166.

Hasni, Yasmina. “Jumlah Penghafal Alquran Indonesia Terbanyak di Dunia,” Republika.co.id, 25 September 2010. https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/10/09/24/136336-jumlah-penghafal-alquran-indonesia-terbanyak-di-dunia. Diakses pada tanggal 3 Februari 2022 Pkl.11.56 WIB

Hidayat Ginanjar, M. (2017). “Aktivitas Menghafal Al-Qur’an dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prpgram Beasiswa di Ma’had Huda Islami, Tamansari Bogor),” Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam 06, no. 11 (Januari): 43–44.

Honesty, Carmenica., Asrori, M., Purwanti. “Hubungan Tipe Kepribadian dengan Gaya Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 16 Pontianak,” Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Untan Pontianak.

Imtihana, Aida. (2016). “Implementasi Metode Jibril dalam Pelaksanaan Hafalan Al-Qur’an di SD Islam Terpadu Ar-Ridho Palembang,” Tadrib: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2. 179-197. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1167.

Littauer, Florence. (2006). Personality Plus (Kepribadian Plus). (Jakarta: PT Rosdakarya).

Meriyati. (2015). Memahami Karakteristik Anak Didik. (Lampung: Fakta Press).

Nata, Abuddin. (2002). Tafsir Ayat-ayat Pendidikan. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada).

Nazhifatul Qolbah, Ira. (2022). Wawancara bersama Instruktur Tahfidz Al-Qur’an, 3 April.

Nurulhaq, Dadan., Sobandi, Oban., Fikri, Miftahul., Yuningsih, Yayu. (2019). “AKTIVITAS SANTRI DALAM MENGHAFAL AL-QURAN HUBUNGANNYA DENGAN KEPERIBADIAN CONSCIENTIOUSNESS,” Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 2 (Desember).

Padila Putra, Fadli. dkk. (2021). “Pengaruh Motivasi Menghafal Al-Qur’an terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri,” Jurnal Cerdas Mahasiswa 2, no. 2.

PP Al-Muhajirin 3. (2022). “Al-Muhajirin 3 Islamic Boarding School Citapen Sukatani Purwakarta,” Sekolah, Profil PP. Al-Muhajirin 3 (blog). https://muhajirin3.com/tentang-kami.

Rahtikawati, Yayan & Rusmana, Dadan. (2013). Metodologi Tafsir Al-Qur’an: Strukturalisme, Semiotik, dan Hermeneutik. (Bandung: CV Pustaka Setia).

Septiani, Nevi & Afiani, Rara. (2020). “Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2,” As-Sabiqun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2, no. 1: 7–17.

Sri Widiantari, Komang., dan Kartika Herdiyanto, Yohanes. (2013). “Perbedaan Intensitas Komunikasi Melalui Jejaring Sosial antara Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert pada Remaja,” Jurnal Psikologi Udayana 1, no. 1.

W. Alhafidz, Ahsin. (2005). Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. (Jakarta: Bumi Aksara).

Yoga, Chandra. “Jumlah Penghafal Al-Qur’an di Indonesia Terus Bertambah,” BERITAMAGELANG.ID, 23 Februari 2020, http://beritamagelang.id/jumlah-penghafal-al-quran-di-indonesia-terus-bertambah. Diakses pada tanggal 3 Februari 2022 pkl.12.03 WIB

Published
2022-06-29
How to Cite
Sani, Lutfiah Sani, and Erni Munastiwi. 2022. “Karakteristik Siswa Program Tahfidz Dalam Proses Menghafal Di SMA Al-Muhajirin Purwakarta Ditinjau Dari Tipologi Kepribadian Hippocrates-Galenus ”. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 5 (01), 87-107. https://doi.org/10.37542/iq.v5i01.622.