Manajamen Guru SD Swasta Tafdhil Al Qur’an Padangsidimpuan untuk Menciptakan Metode Pembelajaran Gasing (gampang, asyik dan menyenagkan)

Authors

  • Muhammad Ro’yi Alfadhili Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
  • Zainal Efendi Hasibuan Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37542/iq.v6i02.1446

Keywords:

Manajemen Guru, Metode Pembelajaran, Metode Gasing

Abstract

Metode pembelajaran yang terjadi didalam kelas pendidik harus mampu untuk menerapkan dan melakukan pendekatan kepada peserta didik. Proses pembelajaran didalam kelas sangat memiliki waktu yang banyak terkadang dirasa bosan atau monoton. Proses pembelajaran didalam kelas sangat memiliki waktu yang banyak terkadang dirasa bosan atau monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Guru Sd Swasta Tafdhil Al Qur’an Padangsidimpuan untuk Menciptakan Metode Pembelajaran Gasing (Gampang, Asyik, Menyenangkan). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif secara analisis deskriptif. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini bahwa metode gasing sangat membantu pendidik untuk melakukan proses pembelajaran dan peserta didik meningkat motivasi, minat dalam proses pembelajaran.

References

Aisyah, Siti. “Tipologi Guru dalam Pandangan Pendidikan Islam.” FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 2 (2021):

Anggranei, Fitria Nur. “Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi.” Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business 3, no. 4 (2020):

Arianti, Arianti. “Peranan Guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 12, no. 2 (2019):

Arifin, Zainur. “Manajemen peserta didik sebagai upaya pencapaian tujuan pendidikan.” Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 8, no. 1 (2022):

Asmara, Yeni, dan Dina Sri Nindianti. “Urgensi Manajemen Kelas untuk mencapai tujuan pembelajaran.” Sindang: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah 1, no. 1 (2019):

Asrin, Ahmad. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru. CV. AZKA PUSTAKA, 2021.

Astri, Ayu, Ahmad Harjono, Abdul Kadir Jaelani, dan I. Nyoman Karma. “Analisis kesulitan guru dalam penerapan kurikulum 2013 di Sekolah Dasar.” Renjana Pendidikan Dasar 1, no. 3 (2021):

Azizah, Nur. “Struktur dan Kultur Budaya dalam Keluarga di Era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Lingkungan Keluarga Kota Bandung.” Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies 1, no. 1 (25 Oktober 2020):

Diah, Rahmi, dan Nurdiana Siregar. “Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Modifikasi Metode Gasing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 4, no. 2 (2023):

Duryat, H. Masduki. Kepemimpinan Pendidikan: Meneguhkan Legitimasi Dalam Berkontestasi Di Bidang Pendidikan. Penerbit Alfabeta, 2021.

Faiz, Aiman, Nugraha Permana Putra, dan Fajar Nugraha. “Memahami Makna Tes, Pengukuran (Measurement), Penilaian (Assessment), Dan Evaluasi (Evaluation) Dalam Pendidikan.” Jurnal Education and development 10, no. 3 (2022):

Inkiriwang, Rizky Rinaldy. “Kewajiban negara dalam penyediaan fasilitas pendidikan kepada masyarakat menurut undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidkan nasional.” Lex Privatum 8, no. 2 (2020).

Maghfiroh, Lailatul. “Hakikat Pendidik dan Peserta Didik dalam Pendidikan Islam.” MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 2, no. 2 (2019):

Miqwati, Miqwati, Euis Susilowati, dan Joutje Moonik. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar.” Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 1, no. 1 (2023):

Mudana, I. Gusti Agung Made Gede. “Membangun karakter dalam perspektif filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara.” Jurnal Filsafat Indonesia 2, no. 2 (2019):

Muizzuddin, Muh. “Pengembangan Profesionalisme Guru dan Peningkatan Kualitas Pembelajaran.” Jurnal kependidikan 7, no. 1 (2019):

Ningsih, Diarti Andra. “Guru Sebagai Manajer Kelas.” Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan 4, no. 1 (2019):

Nurlaeliah, Riska, Teguh Prasetyo, dan Wilis Firmansyah. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan Caringin.” Edukasi: Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan 13, no. 1 (2021):

Prasasti, Tri Indah. “BAB VI UNSUR-UNSUR PENDIDIKAN.” Pengantar Pendidikan, 2023,

Ramli, Muhammad. “MAKNA PENDIDIK* DALAM PROSES PENDIDIKAN ISLAM.” AT-TARWIYAH, Jurnal STAI Al-Washliyah Barabai 8, no. 25 (2020):

Ratnaningrum, Widya Ayu. “Dasar-Dasar Yuridis Sistem Pendidikan Nasional.” Educational Technology Journal 2, no. 2 (2022):

Siahaan, Meiva Marthaulina Lestari, Zulkaidah Nur Ahzan, Fitriani Fitriani, Hesni Neno, Prudensius Manek, Yuliana Serli Danul, dan Rut Tae. “MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA DAN LITERASI NUMERASI DENGAN GIAT LITERASI BERTEMA GASING.” Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM) 4, no. 2 (2023):

Suendarti, Mamik, dan Hawa Liberna. “Analisis pemahaman konsep perbandingan trigonometri pada siswa sma.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 5, no. 2 (2021):

Suratman, Asep, Dadi Afyaman, dan Rifa Rakhmasari. “Pembelajaran berbasis TIK terhadap hasil belajar matematika dan motivasi belajar matematika siswa.” Jurnal Analisa 5, no. 1 (2019):

Unaradjan, Dominikus Dolet. Metode penelitian kuantitatif. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta, 2019.

Yogica, Relsas, Arief Muttaqiin, dan Rahmadhani Fitri. Metodologi pembelajaran: strategi, pendekatan, model, metode pembelajaran. IRDH Book Publisher, 2020..

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Alfadhili, Muhammad Ro’yi, and Zainal Efendi Hasibuan. 2023. “Manajamen Guru SD Swasta Tafdhil Al Qur’an Padangsidimpuan Untuk Menciptakan Metode Pembelajaran Gasing (gampang, Asyik Dan Menyenagkan)”. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 6 (02):257-70. https://doi.org/10.37542/iq.v6i02.1446.