Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Kuliah PAI di Universitas Sumatera Utara

Authors

  • Suci Putriani Azhari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Muh.Wasith Achadi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37542/iq.v6i02.1445

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Pembelajaran PAI, Perguruan Tinggi Umum

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi kurikulum merdeka pada mata kuliah PAI di Perguruan Tinggi Umum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Obyek penelitian yang dipilih yaitu dosen pengampu mata kuliah PAI di Universitas Sumatera Utara. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi yakni menganalisa RPS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka pada mata kuliah PAI sudah diterapkan. Mengingat materi PAI termasuk bagian MKWK maka dalam pembelajarannya menggunakan pendekatan model pembelajaran berbasis proyek. Adapun kendala yang dihadapi dalam pembelajaran PAI, yaitu keterbatasan waktu, pemahaman yang beragam, materi yang kompleks, dan evaluasi kinerja. Masing-masing kendala yang ditemui tentu memilik solusi agar pembelajaran tetap berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

References

Dirjen Pendidikan Tinggi dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Kebudayaan RI No. 84/E/KPT/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Mata Kuliah Wajib Pada Kurikulum Pendidikan Tinggi.” Dirjen Perundang-Undangan, 2020. https://dpa.uii.ac.id/wp-content/uploads/2021/05/kepdirjen-dikti-nomo-84_e_kpt_2020-tentang-pedoman-pelaksanaan-mata-kuliah-wajib-pada-kurikulum-pendidikan-tinggi.pdf.

Faruq, Umar Al. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum.” Jurnal Contemplate: Jurnal Ilmiah Studi Keislaman 1, no. 02 (2020): 107–32. Learning, Islamic Religious Education, Public Universities.%0AJurnal.

Habibi, Moh. Mizan. “Intepretasi Dan Implikasi MBKM Terhadap Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Agama Islam UII.” El-Tarbawi 15, no. 2 (2022): 305–34. doi:10.20885/tarbawi.vol15.iss2.art7.

Karyati, Z, N T Astuti, and M Tukiran. “MKWK Curriculum as the Implementation of Knowledge Management in Higher Education.” UJoST-Universal Journal of Science and … 2, no. 1 (2023): 271–76. http://ujost.org/index.php/journal/article/view/106%0Ahttp://ujost.org/index.php/journal/article/download/106/33.

Kawakip, Nurul. “DESAIN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIKAN AGAMA ISLAM PADA PERGURUAN TINGGI UMUM (PTU) DI KOTA MALANG” 4, no. 1 (2016): 1–23.

Kegiatan, Ragam, and Kampus Merdeka. “Ragam Kegiatan Kampus Merdeka 1,” n.d.

Kemdikbud. “Kebijakan Kampus Merdeka (Independent Campus Policy). Ministry of Education and Culture Republic of Indonesia Repoprt,” 2020, 20.

Kini, Pendidikan Masa. “| Eka Naelia Rahmah.” Journal of Islamic Educatioan 1, no. 1 (2019): 91–118.

Laila, Riris. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Negeri,” 2012, 1–251.

Maghfiroh, Nailyl, and Muhamad Sholeh. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dalam Menghadapi Era Disrupsi Dan Era Society 5.0.” Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 09, no. 05 (2022): 1185–96.

Mailin, Mai. “Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Di Perguruan Tinggi.” Jurnal Analisa Pemikiran Insaan Cendikia 4, no. 1 (2021): 68–75. doi:10.54583/apic.vol4.no1.59.

Mariati, Mariati. “Tantangan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Di Perguruan Tinggi,” 2021, 747–58. doi:10.53695/SINTESA.V1I1.405.

Nurwardani, P. “Strategi Implementasi Merdeka Belajar: Kampus Merdeka.” Strategi Implementasi Merdeka Belajar: Kampus …, 2021.

Pendidikan, Menteri, D A N Kebudayaan, and Republik Indonesia. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 03 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi,” no. 47 (2020).

Penyusun, Tim. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi, 2020.

Pratiwi, G.S. “Panduan Program Bantuan Pengembangan Model Pembelajaran Mata Kuliah Wajib Pada Kurikulum Pendidikan Tinggi Berbasis Proyek,” 2023, 1–18.

Ramliyana, Randi, and Vickry Ramdhan. “Rancangan Pembelajaran Berbasis Proyek Mata Kuliah Wajib Kurikulum Bahasa Indonesia Pada Universitas Indraprasta PGRI.” Prosiding Konferensi Berbahasa Indonesia Universitas Indraprasta PGRI, 2023, 224–32. doi:10.30998/kibar.27-10-2022.6317.

Usu, Humas. USU Persiapkan MKWK Sebagai Media Pembentukan Karakter Mahasiswa (n.d.).

Zaini Dahlan, S.Pd.I., M.Pd.I., Mukhtar. “Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum: Landasan Dasar, Konsep, Dan Aplikasi.” SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan 2, no. 1 (2022): 1–12. doi:10.54443/sibatik.v2i1.6.

Zaki, Muhammad. “Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum Berbasis Multikulturalisme.” Nur El-Islam 2, no. 1 (2015): 41–54.

Zulya, A A. “Problematika Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar Di Perguruan Tinggi.” Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia 7, no. 2 (2022): 1–6. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bk/article/view/1115%0Ahttps://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bk/article/download/1115/951.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Azhari, Suci Putriani, and Muh.Wasith Achadi. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Kuliah PAI Di Universitas Sumatera Utara”. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 6 (02):289-302. https://doi.org/10.37542/iq.v6i02.1445.