Potensi Anak Yatim Berbasis Pendidikan Kemandirian Perspektif Al-Qur’an (Studi Penelitian di Yayasan Yatim Al-Mubarok Kota Tangerang)

Authors

  • Sri Rosmalina Soejono Universitas Esa Unggul
  • Made Saihu Universitas PTIQ Jakarta
  • Hamdani Anwar Universitas PTIQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37542/iq.v6i02.1444

Keywords:

Potensi, Anak Yatim, Pendidikan Kemandirian

Abstract

Tulisan ini menjelaskan tentang eksplorasi potensi anak yatim melalui pendidikan kemandirian menciptakan pembelajaran yang komunikatif, kolaboratif, kreatif, dan konstruktif, yang dilandasi nilai-nilai Al-Qur’an. Pendekatan yang digunakan dalam tulisan ini adalah pendekatan pendidikan konstruktif secara psikologi dan spiritual; pendekatan yang dapat mengoptimalisasi kemandirian dalam diri anak yatim serta direlevansikan dengan Al-Qur’an. Kesimpulan penelitian ini menjelaskan bahwa pertama; komponen Panti Asuhan al-Mubarok memaksimalkan potensi anak yatim melalui pendampingan psikologis dan spiritual. Kedua; komponen Panti Asuhan al-Mubarok memiliki tahapan-tahapan yang sistematis dalam upaya mengeksplore potensi anak yatim. Ketiga; proses pembelajaran di Panti Asuhan al-Mubarok dilakukan dengan teknik learning by doing. Keempat; optimalisasi kemandirian anak yatim dilakukan melalui pelibatan dalam aktivitas kewirausahaan. Kelima; anak yatim di Panti Asuhan al-Mubarok sering dilibatkan dalam berbagai event sosial dan keagamaan sehingga berdampak positivistik baik secara psikologis dan spiritual. Kesimpulan tersebut sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan argumen pendekatan pendidikan konstruktivisme Jean Peaget, yang berasumsi bahwa seseorang dapat belajar secara mandiri dengan melihat orang-orang disekelilingnya.

References

Al-Hafidz, Ahsin W. Kamus Ilmu Al-Qur’an. Vol. 2. Jakarta: Amzah, 2006.

Al-Iraqi, Butsainah as-Sayyid. Berkah Mengasuh Anak Yatim. Translated by Firdaus Sanusi. Solo: Kiswah, 2013.

Angga. “No Title.” Wawancara, December 22, 2021.

Aziz, Abd. “Pendidikan Etika Sosial Berbasis Argumentasi Quranik.” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 3 (December 29, 2019): 466–89. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i3.68.

Aziz, Abd, Suhada, and Ahmad Masruri. “Aktivitas Pembelajaran Bahasa Arab Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Psikologi Humanistik Carl R. Rogers.” El-Athfal?: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak 2, no. 02 (2022): 64–78. https://doi.org/10.56872/elathfal.v2i02.831.

Baidhawy, Zakiyuddin. Pemberdayaan Mustad’afin Melalui Filantropi Islam. Surakarta: Universitas Muhammadiyah, 2007.

Bukhari, Ihsan Baihaqi Ibnu. “Dampaki Negative Dari Tidak Adanya Kehadiran Ayah.” Peneliti University of South Florida, 2010. www.auladi.net.

Carver, C. S., and M. F. Scheier. “Optimism.” In Handbook of Positive Psychology, edited by C. R. Snyder and S. J. Lopez, 231–43. New York: Oxford University Press, 2002.

H., Qolby. “No Title.” Wawancara, December 21, 2021.

Hamidi. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: PT. UMM Press, 2005.

Hartini, N. Karakteristik Kebutuhan Psikologi Pada Anak Panti Asuhan. Jakarta: Insan Media Psikologi, 2009.

Herliana, Lili. “Rumah Yatim Dalami Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS).” Wawancara. Jakarta, May 3, 2019.

Hude, M. Darwis. Emosi: Penjelajahan Religio-Psikologis Tentang Emosi Manusia Di Dalam Al-Qur’an. Jakarta: Erlangga, 2002.

IH. “No Title.” Wawancara, December 22, 2021.

JS. “No Title.” Wawancara, December 22, 2021.

Kimber, Kolter. “Children’s Psiciatric IHospital University of Michigan America Serikat,” n.d.

Kumalasari, F. “Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Panti Asuhan.” Jurnal Psikologi Pitutur, 2012.

Lastuti. “No Title.” Wawancara, December 23, 2021.

Maria, Elvie, B. Ricson Simarmata, and Johanes Terang Kita Perangin Angin. “Pelatihan Membangun Karakter Berintegritas Bagi Anak-Anak Panti Asuhan Bait Allah (PABA).” Pubarama: Jurnal Publikasi Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 1 (2021): 32–39.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

———. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2006.

MS. “No Title.” Wawancara, December 23, 2021.

Mulyadi, Agus. “No Title.” Wawancara, December 28, 2020.

Munawir, Ahmad Warson. Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Surabaya: Pustaka Progresif, 1997.

NS. “No Title.” Wawancara, December 22, 2021.

———. “No Title.” Wawancara, December 23, 2021.

Pambayun, Ellys Lestari. One Stop Qualitative Research Methodology in Communication. Jakarta: Lentera Cendekia, 2013.

QY. “No Title,” December 3, 2021.

Ritzer, George. Teori Sosiologi Moderen. Jakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

S., Mukhlis. “No Title.” Wawancara, December 23, 2021.

S., Mukhlis. “No Title.” Wawancara, December 22, 2021.

Shihab, M. Quraish. Ensiklopedia Al-Qur’an: Kajian Kosakata. Jakarta: Lentera Hati, 2007.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2011.

Teja, M. “Terhadap Anak Terlantar Di Panti Asuhan.” Jurnal Kesejahteraan Sosial 4, no. 5 (2014): 9–12.

Tohari. “No Title,” December 23, 2021.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Soejono, Sri Rosmalina, Made Saihu, and Hamdani Anwar. 2023. “Potensi Anak Yatim Berbasis Pendidikan Kemandirian Perspektif Al-Qur’an (Studi Penelitian Di Yayasan Yatim Al-Mubarok Kota Tangerang)”. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 6 (02):271-88. https://doi.org/10.37542/iq.v6i02.1444.