Integrasi Pendidikan Eco-spiritual: Membangun Kesadaran Pro Lingkungan Hidup Anak Sejak Dini di Islamic Green School Cinere

Authors

  • Nila Siska Sari IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik, Bangka Belitung, Indonesia
  • Lukman Sumarna IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik, Bangka Belitung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37542/iq.v6i02.1432

Keywords:

Pendidikan Spiritual, Pendidikan Ekologi, Sekolah Hijau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penguatan program atau kegiatan pendidikan eco-spiritual di SD Al-Ridha Al-Salaam Islamic Green School Cinere. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat lapangan dengan jenis pendekatan fenomenologi dan ekologi. Penelitian ini menemukan bahwa reinforcement pendidikan eco-spiritual terdapat pada: integrasi kurikulum 13 dan kurikulum berwawasan lingkungan hidup, integrasi materi PAI (tertentu) terhadap wawasan lingkungan hidup, dan kegiatan rutinitas berwawasan lingkungan hidup. Ada tiga orientasi dari integrasi pendidikan eco-spiritual ini untuk anak didik, guru dan orangtua. Aplikasi dari integrasi pendidikan eco-spiritual ini dapat dilakukan dalam berbagai program green school, seperti earth day, market day, dan lain sebagainya.

References

‘Audah, Abdul Qodir. Al-Islam Baina Jahli Abnaihi wa ‘Ajzi ‘Ulama’ihi. Al-Ittihad al-Islami al-‘Alami li al-Munaz omat al-Tolabiyah, 1985.

Abdillah, Mujiyono. Agama Ramah Lingkungan Perspektif Al-Quran, Jakarta: Paramadina, 2001.

Abdul, Qudus. Respon Tradisionalisme Islam terhadap Krisis Lingkungan: Telaah atas Pemikiran Seyyed Hossein Nasr?. Diserasi: Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Jakarta, 2010.

Adams, Kate Brendan, Hyde, and Richard Woolley, The Spiritual Dimension of Childhoood. London: Jessica Kingsley Publishers, 2008.

Afriantoni. Prinsip-Prinsip Pendidikan Akhlak Generasi Muda: Percikan Pemikiran Ulama Sufi Turki Bediuzzaman Said Nursi, Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2019.

Agustian, Ari Ginanjar. Kecerdasan Spiritual. Bandung: PT.Mizan Pustaka, 2007.

Al-Qardawi, Yusuf. Ri’ayah al-Bi’ah fi Shari’ah al-Islam.Kairo: Dar al-Shuruq, 2001.

Al-Salam,Samih ‘Abdul. ‚’Alaqoh al-Insan bi al-Biah?, Maqolah Tsaqofah wa Ma’rifah, 2013.

Al-Zintani, Abd al-Hamid al-Shaid. Usus al-Tarbiyah al- Islamiyah fi al-Sunnah al-Nabawiyah. Tunis: al-Dar al-‘Arabiyah li al-Kitab, 1993.

Al-Ziyadi, Muhammad Fathullah, Al-bi’ah wa Al-Islam, Libya: Al-Daulah Al-Imarah Al-‘Arabiyah Al- Muttahidah.

Anshari, Hafi. Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 1983.

Fuad, Amsyari. Prinsip-Prinsip Masalah Pencemaran Lingkungan. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1981.

Hadziq, Abdulloh. “Pembelajaran Agama dan Lingkungan Dalam Kultur Sekolah Alam (Membumikan Kesadaran Lingkungan sejak Dini),” Tadris. Vol. 11. No. 1 (2016).

Lynn White, Jr ‚The Historical Roots of Our Ecological Crisis?, Journal Sciences, 155, 1967.

M. Sheikh, Kashif . “Involving Religious Leaders in Conservation Education in The Western Karakorum, Pakistan”, Mountain Research and Development, Vol. 26, No. 4, Religion and Sacredness inMountains: A Historical Perspective, (Nov., 2006).

Mukaryanti “Keterkaitan Pendidikan Lingkungan dan Penyediaan Teknologi Lingkungan Dalam Mewujudkan Pembangunan yang Berkelanjutan”, Jurnal Tek. Ling. P3TL-BPPT. 4 (2), Jakarta, 2003.

Nasr, Seyyed Hossein, Man and Nature: The Spiritual Crisis of Modern Man, (London: Mandala Unwin Paperbacks, 1990).

Saputra, Meidi. “Pembinaan Kesadaran Lingkungan Melalui Habituasi Berbasis Media Sosial Guna Menumbuhkan Kebajikan Moral Terhadap Pelestarian Lingkungan”, Jurnal Kemasyarakatan, Vol. 2, No. 1, 2017.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Sari, Nila Siska, and Lukman Sumarna. 2023. “Integrasi Pendidikan Eco-Spiritual: Membangun Kesadaran Pro Lingkungan Hidup Anak Sejak Dini Di Islamic Green School Cinere”. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 6 (02):221-34. https://doi.org/10.37542/iq.v6i02.1432.