Konstruksi Kurikulum Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Lanjut Usia (Studi pada Posyandu Lansia Samara)

Authors

  • Aas Siti Sholichah Universitas PTIQ Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37542/iq.v6i02.1425

Keywords:

Kurikulum, Program Kegiatan, Lansia, Samara

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui kurikulum dan program kegiatan yang dilaksanakan oleh Posyandu Lanjut Usia (Lansia) Samara (Sakinah, Mawadah dan Rahmah) dalam meningkatkan produktifitas kehidupan sehari-hari. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Untuk pengumpulan datanya menggunakan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Posyandu Lansia Samara (Sakinah, Mawadah dan Rahmah) adalah salah satu posyandu yang berada di DKI Jakarta yang fokus pada pendampingan lanjut usia. Untuk memberikan nilai produktifitas dan mengisi kegiatan hari tua, posyandu ini mengembangkan kurikulum dengan pendekatan kurikulum lokal yang disesuaikan dengan kebutuhan para lansia yang berorientasi pada aspek kesehatan, pendidikan dan ekonomi. Adapun program dari kurikulum yang dikembangkan tersebut adalah program Lansia sehat, yaitu memberikan penyuluhan tentang kesehatan dan memberikan layanan kesehatan kepada para lansia. Program kesehatan selanjutnya adalah senam lansia. Kegiatan senam lansia ini adalah sarana untuk menyehatkan tubuh lansia, dimana usia lansia sangat sensitif fisiknya. Program yang berkaitan dengan pendidikan adalah pembelajaran Al-Quran dan pembelajaran fikih praktis. Pembelajaran Al-Quran dimuai dari dasar dan pembelajaran fikih berkaitan dengan kegiatan ibadah sholat. Kegiatan ini sangat membantu spiritual lansia dalam menjalankan hidup di hari tua. Program lainnya berkaitan dengan ekonomi yaitu bank sampah. Sebuah kegiatan yang berkaitan dengan pengumpulan barang-barang bekas dari kertas, plastik, botol dan kaleng untuk selanjutnya di daur ulang. Bank sampah dikelola oleh dan untuk lansia. Bagi yang dapat mengumpulkan barang-barang tersebut ditukar dengan uang yang kemudian ditabung. Kegiatan lainnya adalah fieldtrip atau rekreasi. Kegiatan ini adalah kegiatan hiburan para lansia dengan mengunjungi tempat-tempat yang menyenangkan. Kegiatan ini dilaksanakan satu tahun dua kali. 

References

Amaliyyah, Rizqi. “Hubungan Fungsi Kognitif Dengan Kualitas Hidup Lansia” 2, no. 4 (2021): 6.

Dahyani, Archi Novita, Zulkarnain S, and Nelly Marhayati. “Impelementasi Pendidikan Agama Islam Untuk Lansia Di Panti Sosial Tresna Wherda Provinsi Bengkulu.” Manhab: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 4 (2019): 119–34.

Erwanto, R, D E Kurniasih, and ... “Pengembangan Dusun Ramah Lansia Melalui Pelaksanaan Sekolah Lansia Di Karet Kabupaten Bantul.” JMM (Jurnal Masyarakat … 4, no. 6 (2020): 8–10. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/3170.

Hermawan, Yudi Candra, Wikanti Iffah Juliani, and Hendro Widodo. “Konsep Kurikulum Dan Kurikulum Pendidikan Islam.” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 10, no. 1 (2020): 34. https://doi.org/10.22373/jm.v10i1.4720.

Indrayani, and Sudarto Ronoatmojo. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kualitas Hidup Lansia Di Desa Cipasung Kabupaten Kuningan Tahun 2017.” Jurnal Kesehatan Reproduksi 9, no. 1 (2018): 69–78. https://doi.org/10.22435/kespro.v9i1.892.69-78.

Joyce P, Gall, Meredith D, Gall, & Borg, Walter R. Educational Research, An Introduction, 2003.

Kiik, Stefanus Mendes, Junaiti Sahar, and Henny Permatasari. “Peningkatan Kualitas Hidup Lanjut Usia (Lansia) Di Kota Depok Dengan Latihan Keseimbangan.” Jurnal Keperawatan Indonesia 21, no. 2 (2018): 109–16. https://doi.org/10.7454/jki.v21i2.584.

Nugraha, Yogi, and Yudi Firmansyah. “Karakter Toleransi Beragama Dalam Sudut Pandang Generasi Milenial.” Jurnal Moral Kemasyarakatan 4, no. 2 (2019): 69–76. https://doi.org/10.21067/jmk.v4i2.3856.

Oktowaty, Susi, Elsa Pudji Setiawati, and Nita Arisanti. “Hubungan Fungsi Keluarga Dengan Kualitas Hidup Pasien Penyakit Kronis Degeneratif Di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama.” Jurnal Sistem Kesehatan 4, no. 1 (2018): 1–6. https://doi.org/10.24198/jsk.v4i1.19180.

Prima, Dwi Ratna, Azahra Afni Safirha, Siti Nuraini, and Nurul Maghfiroh. “Pemenuhan Kebutuhan Lansia Terhadap Kualitas Hidup Lansia Di Kelurahan Grogol Jakarta Barat.” Jurnal Kebidanan 8, no. 1 (2019): 1–7. https://doi.org/10.35890/jkdh.v8i1.115.

Sa’adah, Nurus. “Menata Kehidupan Lansia: Suatu Langkah Responsif Untuk Kesejahteraan Keluarga (Studi Pada Lansia Desa Mojolegi Imogiri Bantul Yogyakarta).” Jurnal Sosiologi Agama 9, no. 2 (2017): 49. https://doi.org/10.14421/jsa.2015.092-03.

Sholichah, Aas Siti, Baeti Rahman, Wildan Alwi, and Ade Muqit. “Penguatan Profesionalisme Guru Dalam Mengembangkan Literasi Digital Kegamaan ( Studi Di SMP Islamic School Al-Bayan Jakarta ).” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 1 (2022): 433–54. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/2267/1001.

sugyono. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan RnD.” Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan RnD, 2009.

Amaliyyah, Rizqi. “Hubungan Fungsi Kognitif Dengan Kualitas Hidup Lansia” 2, no. 4 (2021): 6.

Dahyani, Archi Novita, Zulkarnain S, and Nelly Marhayati. “Impelementasi Pendidikan Agama Islam Untuk Lansia Di Panti Sosial Tresna Wherda Provinsi Bengkulu.” Manhab: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 4 (2019): 119–34.

Erwanto, R, D E Kurniasih, and ... “Pengembangan Dusun Ramah Lansia Melalui Pelaksanaan Sekolah Lansia Di Karet Kabupaten Bantul.” JMM (Jurnal Masyarakat … 4, no. 6 (2020): 8–10. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/3170.

Hermawan, Yudi Candra, Wikanti Iffah Juliani, and Hendro Widodo. “Konsep Kurikulum Dan Kurikulum Pendidikan Islam.” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 10, no. 1 (2020): 34. https://doi.org/10.22373/jm.v10i1.4720.

Indrayani, and Sudarto Ronoatmojo. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kualitas Hidup Lansia Di Desa Cipasung Kabupaten Kuningan Tahun 2017.” Jurnal Kesehatan Reproduksi 9, no. 1 (2018): 69–78. https://doi.org/10.22435/kespro.v9i1.892.69-78.

Joyce P, Gall, Meredith D, Gall, & Borg, Walter R. Educational Research, An Introduction, 2003.

Kiik, Stefanus Mendes, Junaiti Sahar, and Henny Permatasari. “Peningkatan Kualitas Hidup Lanjut Usia (Lansia) Di Kota Depok Dengan Latihan Keseimbangan.” Jurnal Keperawatan Indonesia 21, no. 2 (2018): 109–16. https://doi.org/10.7454/jki.v21i2.584.

Nugraha, Yogi, and Yudi Firmansyah. “Karakter Toleransi Beragama Dalam Sudut Pandang Generasi Milenial.” Jurnal Moral Kemasyarakatan 4, no. 2 (2019): 69–76. https://doi.org/10.21067/jmk.v4i2.3856.

Oktowaty, Susi, Elsa Pudji Setiawati, and Nita Arisanti. “Hubungan Fungsi Keluarga Dengan Kualitas Hidup Pasien Penyakit Kronis Degeneratif Di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama.” Jurnal Sistem Kesehatan 4, no. 1 (2018): 1–6. https://doi.org/10.24198/jsk.v4i1.19180.

Prima, Dwi Ratna, Azahra Afni Safirha, Siti Nuraini, and Nurul Maghfiroh. “Pemenuhan Kebutuhan Lansia Terhadap Kualitas Hidup Lansia Di Kelurahan Grogol Jakarta Barat.” Jurnal Kebidanan 8, no. 1 (2019): 1–7. https://doi.org/10.35890/jkdh.v8i1.115.

Sa’adah, Nurus. “Menata Kehidupan Lansia: Suatu Langkah Responsif Untuk Kesejahteraan Keluarga (Studi Pada Lansia Desa Mojolegi Imogiri Bantul Yogyakarta).” Jurnal Sosiologi Agama 9, no. 2 (2017): 49. https://doi.org/10.14421/jsa.2015.092-03.

Sholichah, Aas Siti, Baeti Rahman, Wildan Alwi, and Ade Muqit. “Penguatan Profesionalisme Guru Dalam Mengembangkan Literasi Digital Kegamaan ( Studi Di SMP Islamic School Al-Bayan Jakarta ).” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 1 (2022): 433–54. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/2267/1001.

Sugyono. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan RnD.” Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan RnD, 2009.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Siti Sholichah, Aas. 2023. “Konstruksi Kurikulum Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Lanjut Usia (Studi Pada Posyandu Lansia Samara)”. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 6 (02):169-82. https://doi.org/10.37542/iq.v6i02.1425.