Konsep Kesetaraan Gender Perspektif Fatima Mernissi dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam

Authors

  • Nur Afif Fakultas Tarbiyah, Institut PTIQ Jakarta
  • Asep Ubaidillah Fakultas Tarbiyah Institut PTIQ, Jakarta, Indonesia
  • Muhammad Sulhan Fakultas Tarbiyah, Institut PTIQ Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37542/iq.v3i02.131

Keywords:

Kesetaraan Gender, Fatima Mernissi, Pendidikan Islam

Abstract

Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk setiap manusia memperoleh perlakuan yang sama, adil, dan merata dalam kehidupan kesehariannya didalam segi aspek apapun terlebih dalam dunia pendidikan. Dan juga menghapus ideologi patriarki yang mengaharuskan kedudukan laki-laki di atas perempuan. Dalam penelitian ini penulis mengunakan metode kualitatif deskriptif, di dalamnya penulis mencoba menjabarkan apa saja  yang berkaitan dengan judul skripsi ini. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Fatima Mernissi memandang bahwa pendidikan adalah suatu tahap awal  dalam pendidikan Islam. Dimana orang tua berperan sebagai guru pertama di rumah. Materi bahan pembelajaran maupun pengetahuan agama, kebudayaan dan adat istiadat sosial. Dalam hal ini Fatima menjelaskan bahwa antara kaum perempuan dan laki-laki, keduanya adalah seorang pendidik dan peserta didik, mereka semua mempunyai kesempatan belajar yang sama karena mereka memilki tanggung jawab yang sama. Hal tersebut sudah terjadi pada zaman Rasul, beliau tidak memecah belah umatnya  hanya karena persoalan keagamaan dan keduniaan, seperti perkara sosial dan individual. Fatima memandang bahwa masalah perbedaan antara laki-laki dan perempuan itu akan terus ada tetapi dalam batas-batas kewajaran dan tanpa menghilangkan aspek kebebasan hak asasi yang melekat pada dirinya, serta tanggung jawab hak asasi individu aupun sosial.

References

Afriyani Neni. “Kesetaraan Gender Dalam Tulisan R.A Kartini Perspektif Pendidikan Islam.” Skripsi (Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu, 2019).
al-Abrasyi, M. Athiyah. Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, (Jakarta: Bulan Bintang, 1970).
Febriyanti Bunga, “Ketidakadilan Kesetaraan Gender yang Membudaya” dalam www.researchgate.net. Diakses pada 2 september 2020.
Haspeis Nelien, Busakorn Suriyasarn. Meningkatkan Kesetaraan Gender dalam Aksi Penanggulangan Pekerja Anak serta Perdagangan Perempuan dan Anak, (Jakarta: Kantor Perburuan Internasional, 2005).
Hermawan Tanti, “Budaya Jawa dan Kesetaraan Gender,” dalam Jurnal Komunikasi Massa, Vol. 1, No. 1, Tahun 2007.
Javanlabs, “Tafsir Al-Qur’an dan Hadits”, dalam https://tafsirq.com/49-al-hujurat/ayat-13. Diakses pada 29 September 2020.
Juwita Sheila, Rahmi. “Kesetaraan Gender adalah Tanggung Jawab Kita Bersama”, dalam www.medium.com. diakses pada 24 Juli 2020.
Kunconingrat, Metode Penelitian Masyarakat, (Jakarta: Gramedia, 1986).
Ma’ruf Jamal. Modus Majelis ta’lim Perempuan Berbasis Lingkungan Hidup dan Pemberdayaan Ekonomi Berspektif Gender, (Jakarta: Pusat Studi Wanita (PSW) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2010).
Mc Donald Mandy, Gender dan Perubahan Organisasi, (Amsterdam: INSIST dan REMDEC, 1999).
Mernissi Fatima. Beyond The Veil: Seks dan Kekuasaan Dinamika Pria-Wanita dalam Masyarakat Modern, (Surabaya: Al-Fikr, 1997).
Mernissi Fatima. Pemberontakan Perempuan (Peran Intelektual kaum Perempuan dalam sejarah Muslim), (Bandung: Mizan, 1999).
Mernissi Fatima. Ratu-ratu Islam yang Terlupakan, (Bandung: Mizan, 1994).
Purwo Juono, “Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan Islam”, dalam Jurnal Studi Keislaman, Vol. 15, No. 1 tahun 2015.
Puspitawati Herien, “Pengenalan Konsep Gender, Kesetaraan dan Keadilan Gender”, Makalah. (Bogor: Institut Pertanian Bogor, 2012).
Putra Arif. “Pengertian Gender Menurut WHO dan Perbedaanya dengan Seks,” dalam www.sehatq.com. Diakses pada 1 September 2020.
Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi, (Bandung: Alfabeta, 2006).
Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 1990).
Suhra Safira, “Kesetaraan Gender dalam Perspektif Al-Qur’an dan Implikasinya Terhadap Hukum Islam,” dalam Jurnal Al-Ulum, Vol. 13, No, 2 Tahun 2013.
Yuli, Astuti Indriyani. “Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan Islam Menurut Fatima Mernissi dan K.H. Husein Muhammad.” Skripsi. (Salatiga: Institut Agama Islam Negeri Salatiga, 2020).

Downloads

Published

2021-01-12

How to Cite

Afif, Nur, Asep Ubaidillah, and Muhammad Sulhan. 2021. “Konsep Kesetaraan Gender Perspektif Fatima Mernissi Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam”. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 3 (02):229-42. https://doi.org/10.37542/iq.v3i02.131.