Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Inklusi
Keywords:
Anak Berkebutuhan Khusus, Penyertaan, Analitik Struktural SintetisAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi atau observasi di SDN Manggarai 03 Kecamatan Tebet Jakarta Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang melibatkan anak berkebutuhan khusus inklusif kelas VA angkatan 2022-2023 yang berjumlah dua orang siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dari observasi minat membaca dengan bantuan instrumen lembar observasi. Dengan menggunakan metode SAS, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca siswa berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam membaca dengan metode struktur analitik sintetik meningkat pada setiap siklusnya. Pada tahap prasiklus subjek penelitian, siswa X dan Y yang hanya mengenal huruf dan belum bisa menyusun kalimat juga belum bisa membaca. Pada siklus satu siswa X sudah mulai mampu merangkai huruf menjadi kata dan merangkai kata menjadi kalimat sederhana. Masih siswa Y belum mampu merangkai kata menjadi kalimat. Pada siklus II siswa X dan Y sudah mampu menyusun kalimat menjadi satu paragraf dan mulai mampu membaca perlahan. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode analitik struktural sintetik (SAS) meningkatkan minat membaca siswa berkebutuhan khusus. Bagi penelitian selanjutnya disarankan untuk memberikan pembaharuan dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis metode SAS.