Strategi Komunikasi Humas Universitas PTIQ Jakarta dalam Mengelola Media Sosial sebagai Media Publikasi

Authors

  • Naila Mafayiziya Hayat Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53678/elmadani.v5i01.1726

Keywords:

Strategi Komunikasi, Media Sosial, Publikasi, Universitas PTIQ Jakarta

Abstract

Strategi komunikasi Humas Universitas PTIQ Jakarta dalam mengelola media sosial sebagai media publikasi merupakan aspek krusial dalam membangun citra dan menjalin interaksi positif dengan berbagai pemangku kepentingan. Penelitian ini mengeksplorasi pendekatan yang digunakan oleh Humas Universitas PTIQ Jakarta dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana efektif untuk menyampaikan informasi, meningkatkan visibilitas, dan membangun keterlibatan dengan masyarakat. Metode penelitian ini melibatkan analisis konten, wawancara, dan observasi terhadap aktivitas media sosial universitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas Universitas PTIQ Jakarta mengadopsi strategi komunikasi yang terarah dan kreatif untuk memaksimalkan dampaknya di media sosial. Mereka secara aktif menyusun konten yang relevan dan menarik, melibatkan berbagai pihak, termasuk mahasiswa, dosen, dan alumni, serta merespons cepat terhadap interaksi pengguna. Penerapan teknologi dan algoritma kecerdasan buatan juga menjadi bagian integral dari strategi mereka untuk meningkatkan visibilitas konten. Keberhasilan strategi ini tercermin dalam peningkatan jumlah pengikut, interaksi positif, dan reputasi yang baik di kalangan masyarakat. Implikasi temuan ini menggarisbawahi pentingnya peran strategis Humas dalam merancang dan melaksanakan komunikasi yang efektif di era digital. Langkah-langkah ini relevan untuk meningkatkan citra universitas, meningkatkan partisipasi, dan membangun jejaring yang kuat dengan publik.

References

Asriwati. 2021. Strategi Komunikasi yang Efektif: Communication For Behavioral Impact (COMBI) Dalam Pengendalian Demam Berdarah Dengue. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press. 4-5

Abdurrohman, dkk. (2023). Digital PR dalam Era Disrupsi 5.0: Kajian Akademis. Yogyakarta: Nas Media Pustaka. 136-137

Bairizki, Ahmad. 2021. Manajemen Public Realtions (Teori dan Implementasi Humas Perguruan Tinggi). Surabaya: Pustaka Aksara. 51-55

Eriyanto. 2021. Analisis Jaringan Media Sosial Dasar-dasar dan Aplikasi Metode Jaringan Sosial Untuk Membedah Percakapan di Media Sosial. Jakarta: Kencana. 60-68

Chandra, Fabian. 2021. Social Media Marketing. Yogyakarta: DIVA Press. 13-17

Ginting, R., Yulistiyono, A., Rauf, A., Manullang, S. O., Siahaan, A. L. S., Kussanti, D. P., ... & Effendy, F. (2021). Etika Komunikasi dalam Media Sosial: Saring Sebelum Sharing (Vol. 1). Penerbit Insania.

Harahap, F. (2013). Strategi Public Relations Badan Wakaf Indonesia Dalam Mensosialisasikan Wakaf Tunai.

Khoiriah, N. (2023). Ma’had Al-Qur’an dan Perannya bagi Institut PTIQ Jakarta. Penerbit NEM.

Pambayun, EL, And TD Permassanty. 2021. An Integrated Marketing Communication Circle In 4.0 Era: Filosofi, Konsep, Dan Implememtasi. Indramayu: Penerbit Adab.

Rangkuti, B. W. (2023). Pengelolaan Relasi Pendidikan Cinta Kasih Perspektif Hamka Dalam Tafsir Al-Azhar (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).

Sugiarto, S. (2021). Pendekatan Komunikasi Berbasis Al-Qur’an dalam Penanggulangan Pornografi Bagi Anak di Media Sosial (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).

Suprawoto. (2018). Government Public Relations Perkembangan & Praktik di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group. 41-44

Sarnoto, A. Z., & Wahyuningsih, R. (2022). Implementasi Total Quality Management (Tqm) Di Institut Ptiq Jakarta. Madani Institute| Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 11(1), 15-25.

Sanjono, A. A. (2023). Strategi Komunikasi Gusdurian Ciputat Dalam Membumikan Nilai-Nilai Moderasi Beragama (Bachelor's thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Downloads

Published

2024-06-12

How to Cite

Hayat, N. M. (2024). Strategi Komunikasi Humas Universitas PTIQ Jakarta dalam Mengelola Media Sosial sebagai Media Publikasi. El Madani : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 5(01), 78–98. https://doi.org/10.53678/elmadani.v5i01.1726