Strategi Komunikasi Humas Universitas PTIQ Jakarta dalam Mengelola Media Sosial sebagai Media Publikasi
DOI:
https://doi.org/10.53678/elmadani.v5i01.1726Keywords:
Strategi Komunikasi, Media Sosial, Publikasi, Universitas PTIQ JakartaAbstract
Strategi komunikasi Humas Universitas PTIQ Jakarta dalam mengelola media sosial sebagai media publikasi merupakan aspek krusial dalam membangun citra dan menjalin interaksi positif dengan berbagai pemangku kepentingan. Penelitian ini mengeksplorasi pendekatan yang digunakan oleh Humas Universitas PTIQ Jakarta dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana efektif untuk menyampaikan informasi, meningkatkan visibilitas, dan membangun keterlibatan dengan masyarakat. Metode penelitian ini melibatkan analisis konten, wawancara, dan observasi terhadap aktivitas media sosial universitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas Universitas PTIQ Jakarta mengadopsi strategi komunikasi yang terarah dan kreatif untuk memaksimalkan dampaknya di media sosial. Mereka secara aktif menyusun konten yang relevan dan menarik, melibatkan berbagai pihak, termasuk mahasiswa, dosen, dan alumni, serta merespons cepat terhadap interaksi pengguna. Penerapan teknologi dan algoritma kecerdasan buatan juga menjadi bagian integral dari strategi mereka untuk meningkatkan visibilitas konten. Keberhasilan strategi ini tercermin dalam peningkatan jumlah pengikut, interaksi positif, dan reputasi yang baik di kalangan masyarakat. Implikasi temuan ini menggarisbawahi pentingnya peran strategis Humas dalam merancang dan melaksanakan komunikasi yang efektif di era digital. Langkah-langkah ini relevan untuk meningkatkan citra universitas, meningkatkan partisipasi, dan membangun jejaring yang kuat dengan publik.
References
Asriwati. 2021. Strategi Komunikasi yang Efektif: Communication For Behavioral Impact (COMBI) Dalam Pengendalian Demam Berdarah Dengue. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press. 4-5
Abdurrohman, dkk. (2023). Digital PR dalam Era Disrupsi 5.0: Kajian Akademis. Yogyakarta: Nas Media Pustaka. 136-137
Bairizki, Ahmad. 2021. Manajemen Public Realtions (Teori dan Implementasi Humas Perguruan Tinggi). Surabaya: Pustaka Aksara. 51-55
Eriyanto. 2021. Analisis Jaringan Media Sosial Dasar-dasar dan Aplikasi Metode Jaringan Sosial Untuk Membedah Percakapan di Media Sosial. Jakarta: Kencana. 60-68
Chandra, Fabian. 2021. Social Media Marketing. Yogyakarta: DIVA Press. 13-17
Ginting, R., Yulistiyono, A., Rauf, A., Manullang, S. O., Siahaan, A. L. S., Kussanti, D. P., ... & Effendy, F. (2021). Etika Komunikasi dalam Media Sosial: Saring Sebelum Sharing (Vol. 1). Penerbit Insania.
Harahap, F. (2013). Strategi Public Relations Badan Wakaf Indonesia Dalam Mensosialisasikan Wakaf Tunai.
Khoiriah, N. (2023). Ma’had Al-Qur’an dan Perannya bagi Institut PTIQ Jakarta. Penerbit NEM.
Pambayun, EL, And TD Permassanty. 2021. An Integrated Marketing Communication Circle In 4.0 Era: Filosofi, Konsep, Dan Implememtasi. Indramayu: Penerbit Adab.
Rangkuti, B. W. (2023). Pengelolaan Relasi Pendidikan Cinta Kasih Perspektif Hamka Dalam Tafsir Al-Azhar (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).
Sugiarto, S. (2021). Pendekatan Komunikasi Berbasis Al-Qur’an dalam Penanggulangan Pornografi Bagi Anak di Media Sosial (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).
Suprawoto. (2018). Government Public Relations Perkembangan & Praktik di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group. 41-44
Sarnoto, A. Z., & Wahyuningsih, R. (2022). Implementasi Total Quality Management (Tqm) Di Institut Ptiq Jakarta. Madani Institute| Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 11(1), 15-25.
Sanjono, A. A. (2023). Strategi Komunikasi Gusdurian Ciputat Dalam Membumikan Nilai-Nilai Moderasi Beragama (Bachelor's thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).