Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Mempertahankan dan Meningkatkan Omzet Pedagang Muslim Pasar Jaya Gondangdia Jakarta Pusat

Authors

  • Mokhamad Iqbal Khomaeni Universitas PTIQ Jakarta
  • Arfan Juliyendi Universitas PTIQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53678/elmadani.v5i01.1724

Keywords:

Komunikasi Pemasaran, Pasar Tradisional, Omzet, Daya Saing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh pedagang di Pasar Jaya Gondangdia dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan omzet, serta memberikan rekomendasi praktis untuk mengoptimalkan penggunaan berbagai instrumen komunikasi pemasaran guna meningkatkan daya saing dan kinerja bisnis mereka. Penelitian ini diangkat karena adanya penurunan penghasilan para pedagang, meskipun lokasi pasar strategis, diapit oleh gedung perkantoran dan transportasi KRL Stasiun Gondangdia. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan metode wawancara face to face dan observasi yang dilengkapi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pedagang masih mengandalkan metode pemasaran tradisional dan kurang memanfaatkan saluran pemasaran online, seperti media sosial dan platform e-commerce. Namun, pedagang yang telah menggunakan pemasaran online melaporkan peningkatan jumlah pelanggan dan penjualan. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan konsep STP (Segmenting, Targeting, Positioning) dan strategi komunikasi pemasaran yang melibatkan iklan, promosi penjualan, public relations, personal selling, serta online dan direct marketing dapat membantu pedagang dalam menentukan target pasar yang tepat dan meningkatkan omzet. Selain itu, pedagang perlu lebih proaktif dalam mengadopsi teknologi digital dan memanfaatkan berbagai platform online untuk mempromosikan produk mereka. Dengan demikian, diharapkan penelitian ini dapat berkontribusi pada pengembangan pasar tradisional di Indonesia dalam menghadapi tantangan era digital.

References

Aisyah, Siti, And Kartika Rose Rachmadi. 2022. “Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku Umkm Guna Peningkatan Pendapatan.” RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3 (2): 442–48. Doi:10.46576/Rjpkm.V3i2.1866.

Damayanti M, E, And Yusmar Yusuf. 2022. “Adaptasi Pedagang Konvensional Di Tengah Perkembangan E-Dagang (E-Commerce) Di Sukaramai Trade Center Pekanbaru.” Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik 9 (2): 1–12.

Erwin, Erwin, RR Cindrakasih, Afrina Sari, Hita, Yoseb Boari, Loso Judijanto, And Andi Tadampali. 2024. Pemasaran Digital (Teori Dan Implementasi). Yogyakarta: PT. Putaka Hijau Indonesia.

Habib Bayhaqi And Nuri Aslami. 2022. “Indentifikasi Pasar, Segmen Dan Target Pasar Sasaran Bisnis Asuransi.” MAMEN: Jurnal Manajemen 1 (1): 111–18. Doi:10.55123/Mamen.V1i1.48.

Haque, MGH, AS Iskandar, H Erlangga, Nurjaya, And D Sunarsi. 2021. STRATEGI PEMASARAN: Konsep, Teori Dan Implementasi. Banten: Pascal Books.

Julitawaty, Wily, Frith Willy, And Thomas Sumarsan Goh. 2020. “Pengaruh Personal Selling Dan Promosi Penjualan Terhadap Efektifitas Penjualan Ban Sepeda Motor PT. Mega Anugrah Mandiri.” JURNAL BISNIS KOLEGA 6 (1). Https://Www.Ejournal.Pmci.Ac.Id/Index.Php/Jbk/Article/View/47.

Kotler, Philip, And G Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, And KL Keller. 2003. Manajemen Pemasaran. Translated By B Sabran. 13th Ed. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.

Miles, MB, And A.M Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif?: Buku Sumber Tentang Metode Metode Baru. Translated By TR Rohidi And Mulyarto. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI -Press).

Pambayun, EL, And TD Permassanty. 2021. An Integrated Marketing Communication Circle In 4.0 Era: Filosofi, Konsep, Dan Implememtasi. Indramayu: Penerbit Adab.

Retnolia, Austina, And Arifin Sitio. 2018. “Analisis Strategi Pemasaran Pada Pt. Gerin Surya Gemilang.” Indikator: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis 1 (3): 1–16. Doi:10.22441/Indikator.V1i3.2324.

Rusandi, And Muhammad Rusli. 2021. “Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif Dan Studi Kasus.” Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 2 (1): 48–60. Doi:10.55623/Au.V2i1.18.

Saparso. 2019. Marketing Process. Jakarta: Ukrida Press.

“Sejarah Singkat Pasar Gondangdia.” 2024. Accessed June 18. Https://Pasarjaya.Co.Id/Pasar/Pasar-Gondangdia.

Suhariyanto, Suhariyanto. 2014. “Iklan Komersial Di Radio Dan Perilaku Konsumtif Masyarakat.” An-Nida?: Jurnal Komunikasi Islam 6 (1). Doi:10.34001/An.V6i1.175.

Tjiptono, F. 1995. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Wijaya, Hari, And Hani Sirine. 2016. “Strategi Segmenting, Targeting, Positioning Serta Strategi Harga Pada Perusahaan Kecap Blekok Di Cilacap.” AJIE (Asian Journal Of Innovation And Entrepreneurship) 1 (03): 175–90.

Downloads

Published

2024-06-26

How to Cite

Khomaeni, M. I., & Juliyendi, A. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Mempertahankan dan Meningkatkan Omzet Pedagang Muslim Pasar Jaya Gondangdia Jakarta Pusat . El Madani : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 5(01), 39–57. https://doi.org/10.53678/elmadani.v5i01.1724