DILEMA HUKUM DALAM KISAH PEMBUNUHAN GULĀM OLEH KHIDIRDALAM SURAH AL-KAHFI

Authors

  • Kairul Anam Sekolah Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Author

Keywords:

Perbandingan Tafsir, Kisah Al-Qur'an, Khidir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bahwa kisah Khidir dan Musa dalam Al-Qur’an memiliki substansi sebagai pedoman agama. Pembunuhan gulām oleh Khidir tidak digunakan oleh para mufasir ayat-ayat ah}ka>m sebagai dasar penerapan qis}a>s}. Kisah tersebut dimaknai sebagai gambaran Khidir sebagai subjek yang tidak melakukan kesalahan, sehingga ia disebut ma’ṣūm. Lalu bagaimana para komentator memaknai kisah pembunuhan gulām? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan komparatif untuk membandingkan tafsir antara tafsir aḥkām dan tafsir adāb al-ijtimā’ī. Isi interpretasi akan dianalisis menggunakan pendekatan analisis isi. Kajian ini berkaitan dengan penelitian Khalafullah bahwa kisah-kisah dalam Al-Qur’an pada hakikatnya disusun dan diceritakan berdasarkan substansinya untuk memberikan pedoman norma-norma agama, moral, dan sosial. Di sisi lain, penelitian ini juga memiliki perbedaan dengan Sri Haryanto yang
menganggap bahwa Khidir memiliki ilmu laduni, sehingga segala perbuatannya dibenarkan oleh Musa. Sementara Fauziah dan Rizal hanya melihat kisah Khidir dan Musa sebagai kisah yang membawa nilai. pendidikan. Artikel ini berkesimpulan bahwa ayat-ayat Al-Qur’an yang
mengandung unsur kejahatan pembunuhan serta kisah Khidir dan Musa tidak dilihat sebagai dalil pembunuhan yang berimplikasi pada qis}a>s} oleh mufasir ayat-ayat ah}ka>m.

References

Ali, M. Rahasia Makrifat Nabi Khidir as. Bandung: Oase Publishing House, 2011.

Ansory, Insan. Mengenal Tafsir Ahkam. Jakarta: Rumah Fiqih Publishing, 2018.

Anwar, Syamsul. Studi Hukum Islam Kontemporer. Jakarta: R.M Books, 2007.

‘Audah Jāser. Membumikan Hukum Islam Melalui Maqasid Syariah. Terj.

Rosidin dan Ali Abd Mun’im. Bandung: Mizan, 2015.

Al-Baghāwī, Abū Muḥammad al-Husein ibn Mas’ūd. Ma’ālim al-Tanzīl fī Tafsīr al- Qur’ān. Tanpa Tenpat: Dār Ṭayyibah, 1997.

Bidan, Nashruddin. Metodologi Penafsiran al- Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, tt.

Danesi, Louise. Pragmatik Sebuah Perspektif Multidisipliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Effendi, Djohan. Pesan-Pesan al-Qur’an: Mencoba Mengerti Intisari Kitab Suci.

Jakarta: Serambi Ilmu Nusantara, 2012.

Al-Farmawi, ‘Abd al-Ḥay. Al-Bidāyah fī al- Tafsīr al-Mauḍū’ī. Mesir: Maktabah Jumhuriyah, 1997.

Al-Husairi, Ahmad Muhammad. Tafsir Ayat- Ayat Ahkam: Telaah Ayat-ayat

Hukum Seputar Ibadah, Muamalah, Pidana dan Perdata. Abdurrahman

Kadi (trj). Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2014.

Hamid, Shalahuddin. Hak Asasi Manusia dalam Perspektif Islam. Jakarta: Amissco, 2000.

Hamka. Tafsir al-Azhar. Jakarta: Pustaka Panjimas, 1984.

Ibn al-‘Arabī, Aḥkām al-Qur’ān. Beirut: Dār al- Kutub al-‘Alamiyah, 2003 M.

Ibrahim, Duksi. Metode Penetapan Hukum Islam: Membongkar Konsep Istiqra’ Ma’nawi Asy-Syatibi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2013.

Ikhwan. Hak Asasi Manusia dalam Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu. Cet. I,

2004.

Irfan, Nurul dan Musyarofah. Fiqih Jinayah. Jakarta: Amzah, 2013.

Irfan, Nurul. Korupsi dalam Hukum Pidana Islam. Jakarta: Amzah, 2011.

Izzan, Ahmad. Ulumul Qur’an: Telaah Tekstualitas dan Kontekstualitas al-

Qur’an. Bnadung: Tafakur: Kelompok Humaniora, 2013.

Al-Jābiri, Muḥammad ‘Ābid. Formasi Nalar Arab. Imam Khoiri (terj). Yogyakarta: IRCiSoD, 2014.

Kalstum, Lilik Ummu dan Ghazali, Abd Moqsith. Tafsir Ayat-Ayat Ahkam.

Ciputat: UIN Press, 2015.

Khalaf, Abdul Wahab. Ilm Uṣūl Fiqh. Kairo: Dār al-Kuwaitiyah, 1978.

Khalafullah, Muhammad Aḥmad. Al-Fann al-Qaṣaṣī fī al-Qur’ān al-Karīm, al-

Qur’an Kitab Sejarah. Zuhairi Misrawi dan Aris Maftukhin (terj). Jakarta:

Paramadina, 2002.

Al-Khālidi, Ṣalāh. Kisah-kisah al-Qur’an Pelajaran dari Orang-orang terdahulu.

Jakarta: Gema Insani Press, 1996.

Al-Qurṭubī. Al-Jāmi’ li Aḥkām al-Qur’ān. Muassasah al-Risālah, 2006 M.

Al-Qaraḍāwi, Yūsuf. Dirāsah fi Fiqh Maqāṣid al-Syarī’ah Bayn al-Maqāṣid al-

Kulliyah wa al-Nuṣūs al-Juz’iyah. Kairo: Dār al-Syurūq, 2008

Al-Qaṭṭān, Mannā’. Mabāhist fī ‘Ulūm al- Qur’ān. Beirut: Maktabah Wahbah, 2000.

Rafsanjani. Keadilan Sosial: Pandangan Islam tentang HAM, Hegemoni Barat dan Solusi Dunia Modern. Bandung: Yayasan Nuansa Cendikia, 2001.

Raya, Ahmad Thib. Rasionalitas Bahasa al- Qur’an: Upaya Menafasirkan al-

Qur’an dengan Pendekatan Kebahasaan. Jakarta Selatan: Fikra Publishing. Cet. I, 2006.

Al-Ṣabuni, Muḥammd ‘Alī. Rawā’i al-Bayān: Tafsīr Āyāt al-Aḥkām min al-Qur’ān. Damaskus: Maktabah al-Ghazālī, 1980.

Santoso, Topo. Membumikan Hukum Pidana Islam: Penegakan Syariat dalam

Wacana Agenda. Jakarta: Gema Insani, 2003.

Shihab, M Quraish. Membumikan al-Qur’an: Memfungsikan Wahyu dalam

Kehidupan. Ciputat: Lentera Hati, 2006.

Suma, Muhammad Amin. Pengantar Tafsir Ahkam. Jakarta: Rajawali Press, 2001.

Syahidin. Metode Pendidikan Qur’ani: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Misaka Galiza, 1999.

Al-Tarifī, ‘Abd al-‘Azīz ibn Marzūq. Al-Tafsīr wa al-Bayān li Aḥkām al-Qur’an.

Saudi: Maktabah Dār al-Manhāj, 1438 H.

Zahrah, Muḥammad Abū. Al-Jarīmah wa al- ‘Uqūbah fī al-Fiqh al-Islāmī. Kairo:

Dār al-Fikr al-‘Arabī, 1997.

Zaydān, ‘Ābd al-Karīm. Al-Mustafād min Qaṣaṣ al-Qur’ān. Lebanon: Mu’assasah al-Risālah Nasyirūn, 2009.

Artikel Jurnal Abdillah, Junaidi. “Radikalisme Agama: Dekonstruksi Tafsir Ayat-Ayat Kekerasan dalam al-Qur’an”. Kalam: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran

Islam. Vol. 8. No. 2. (Desember, 2014).

Anisah, Siti. “Penerapan Hukum Qisas untuk Menegakkan Keadilan”. Jurnal

Syariah. (Juli, 2016).

Asnawi, Habib Shulton. “Hak Asasi Manusia dan Barat: Studi Kritik Hukum Pidana Islam dan Hukuman Mati”. Supermasi Hukum. Vol. 1. No. 1. (Juni, 2012).

Arfan, Abbas. “Maqāṣid al-Syarī’ah Sebagai Sumber Hukum Islam: Analisis

Terhadap Pemikiran Jasseer Auda”. Al-Manāhij: Jurnal Kajian Hukum

Islam. Vol. VII. No. 2. (Juli, 2019).

Bahiej, Ahmad. “Memahami Keadilan Tuhan dalam Qisas dan Diyat”. Asy-Syi’rah. Vol. 39. No. I, 2005.

Bunyamin. “Qisas dalam al-Qur’an: Kajian Fiqh Jinayah dalam Kasus Pembunuhan Disengaja”. Jurnal al-‘Adl. Vol. 7. No.

2. (Juli, 2014)

Darussamin, Zikri. “Qisas dalam Islam dan Relevansinya dengan Masa Kini”.

Jurnal Ilmu Syari’ah dan Hukum. Vol. 48. No. I. (Juni, 2014).

Faisol, M. “Interpretasi Kisah Nabi Musa Perspektif Naratologi al-Qur’an”,

Islamica: Jurnal Studi Keislaman, Vol. 11. No. 2. (Maret, 2017).

----------. “Struktur Naratif Cerita Nabi Khidir dalam al-Qur’an”. Adabiyyāt. Vol. X. No. 2. (Desember, 2011).

Fahruddin, M. Mukhlis. “Konsep Pendidikan Humanis dalam Perspektif al-Qur’an”. Tesis. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga. 2008

Fauzi, Ahmad. “Pengembangan Human Relation Perspektif Nilai-Nilai al-

Qur’an”. Mutawatir: Jurnal Keilmuan Tafsir Hadis. Vol. I. No. 2. (Desember,

2011).

Harahap, Zul Anwar Ajim. “Konsep Maqasid al- Syari’ah Sebagai Dasar Penetapan dan Penerapannya dalam Hukum Islam Menurut ‘Izzuddin bin ‘Abd al- Salam”. Tazkir. Vol. 9. (Juli- Desember, 2014).

Kholiq, M. Abdul. “Kontroversi Hukuman Mati dan Kebijakan Regulasinya dalam RUU KUHP: Studi Komparatif Menurut Hukum Islam”. Jurnal

Hukum. Vol. 14. No. 2. (April, 2007).

Mushodiq, Muhammad Agus. “Perilaku Patologis pada Kisah Nabi Musa dan ‘Abd dalam al-Qur’an: Telaah Epistemologi al-Jābirī dan Semiotika

Peirce”. Ulul Albab. Vol. 19. No. I. 2018.

Muslich, Wardi. H.A. “Ayat-Ayat Pidana dalam al-Qur’an”. Al-Qalam. Vol. XVIII. No. 90-91. Tt.

Mursalim. “Gaya Bahasa Pengulangan Kisah Nabi Musa a.s. dalam al-Qur’an: Suatu kajian Stilistika”, Lentera, Vol. I. No. I, (Juni, 2017).

Nasir, Jamal Abd. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Guru dan Murid dalam

Perspektif Kisah Musa dan Khidir dalam Surah al-Kahfi Ayat 60-82”.

Nuansa. Vol. 15. No. I. (Januari, 2018).

Rodin, Dede. “Islam dan Radikalisme: Telaah Ayat-ayat Kekerasan dalam al-

Qur’an”. Addin. Vol. 10. No. 1.

Downloads

Published

2025-02-14