ANALISIS TAFSIR MAQASHIDI TENTANG PELAKSANAAN SALAT JUMAT ONLINE DI ERA PANDEMI

Authors

  • Fatkhul Mubin Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) ALHIKMAH Jakarta, Indonesia
  • Made Saihu Institut PTIQ Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53828/alburhan.v21i02.388

Keywords:

Tafsir Maqashidi, Salat Jumat, Pandemi

Abstract

Kajian ini membahas tentang paradigma tafsir maqashidi tentang salat Jumat era pandemi. Penelitian ini merupakan suatu jenis kualitatif yang ditempuh melalui studi pustaka Pelaksanaan salat Jumat online adalah tidak sah. Setidaknya, hal ini dapat ditinjau dari dua aspek; pertama, aspek prinsip dasar dan tujuan diturunkan syariat Islam (maq??id al-syar?’ah), di mana menjaga din al-Islam terkait pokok ibadah diwujudkan dalam model ibadah seperti, iman, kalimat syahadat, salat, zakat puasa dan haji, sementara menjaga keberlangsungan jiwa dan akal adalah pokok ‘ad?t (adat) yang diwujudkan dengan aktifitas seperti makan, minum, pakaian dan tempat tinggal, untuk menjaga keberlangsungan jiwa dan akal manusia. Menjaga ibadah salat sesuai dengan sunah Nabi Muhammad saw. menjadi bagian dari ?ifzu al-d?n (menjaga agama, sehingga tidak tepat jika ada yang berupaya mengubah pola ibadah salat Jumat yang hukum asalnya merupakan satu bangunan yang utuh. Syariat Islam telah memberikan rukhsah bagi setiap muslim yang wajib atasnya salat Jumat untuk menggantinya dengan salat Zuhur sebanyak empat rakaat dan tidak perlu berkumpul dengan orang banyak ketika terdapat hal yang menghalanginya; Kedua, aspek tinjauan fikih Islam. Salat Jumat mensyaratkan adanya jemaah salat dan tidak sah dilakukan secara individu-individu, di mana imam dan makmum harus berada pada satu tempat secara hakiki.

References

A. Halil Thahir, Z. H. (2018). Menakar Sejarah Tafsir Maq??id?. QOF, 2(1), 7,. https://doi.org/10.30762/qof.v2i1.496.
al-Razi, F. (1981). Tafsir Mafatih al-Ghaib. Dar al-Fikr.
Al-Bukhari. (1422). Al-Jami’ as-Shahih. D?r Thuq an-Naj?h.
Al-Fasi, A. (1993). Maqasid Al-Shari`at Al-Islamiyah Wa-Makarimuha. Dar al-Gharb al-Islami.
Al-Ghumari, A. bin M. bin S. (1375). Al-Iqna` bissihah Salatil Jum’ah fil Manzil Khalfa al-Midzyaa’. Darul Ta`lif.
Ali, M. (2010). Kontekstualisasi al-Qur’an”. Jurnal Hunafa, 7 (1).
Al-Jizani, M. ibn H. (1430).
Al-Nawawi. (1392). Al-Minhaj Syarh Shahih Muslim bin al-Hajjaj. D?r Ihya atTur?ts al-Arabi.
Al-Nawawi. (1991). Raudhatu at-Thalibin wa Umdatu al-Muftiin. al-Maktab Al-Islamiy.
Al-Syafi’i, M. bin I. (1991). al-Umm (Vol. 1). Darul Makrifah.
Al-Syatib?, I. ibn M. al-Garn???. (2006). al-Muw?faq?t (Jilid. 2 (Cet. II). al-Riy?d}: D?r ibn al-Qayyim li al-Nasyr wa al-Tauz?’.
Al-Syatibiy. (1997). Al-Muwafaqat (Cet. I, Vol. 2). Dar Ibnu Affan.
Batthal, I., & Khalaf, A. (1423). Syarah Sahih al-Bukhari (Cet. II, Vol. 2). Maktabah al-Rusyd.
Hasibuan, E. M., Yusram, & Muhammad. (2020). Hukum Salat Berjemaah Di Masjid Dengan Saf Terpisah Karena Wabah”. BUSTANUL FUQAHA: Jurnal Bidang Hukum Islam, 1(2).
Hede, A. M. T., Tempo, R. bin B., Rafi, & Irsyad. (2020). Hukum Pelaksanaan Salat Tarawih Di Rumah Karena Wabah Dan Membaca Al-Qur’an Melalui Mushaf Dan HP Ketika Salat”. BUSTANUL FUQAHA: Jurnal Bidang Hukum Islam, 1,(2).
Iskandar, A., Possumah, B. T., Aqbar, & Khaerul. (2020). Peran Ekonomi dan Keuangan Sosial Islam saat Pandemi Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7 (7).
John, W. C. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Pustaka Pelajar.
Kompas, T. V. (n.d.). Ikhtiar Salat Jumat Online di Tengah Pandemi. https://www.kompas.tv/article/148623/ikhtiar
Kumaidi, M. (2020). Implementasi Kaedah La yunkaru tagayyur al-a?k?m bi tagayyuri al-a?k?m wa al-A?w?l Dalam Ibadah di Masa Pandemi”. Asas, 1(1), 65–82.
Kumparan. (n.d.). Praktik Salat Jumat Online di Indonesia. https://kumparan.com/kumparannews/praktik-salat-jumat-online-di-indonesia-1uvr0MIjMt3/full.
Mahmuddin, R., Rafi, I., Aqbar, K., Iskandar, & Azwar. (2020). Hukum Menyegerakan Penyerahan Zakat Harta Dan Zakat Fitrah di Saat Pandemi Covid-19”. BUSTANUL FUQAHA: Jurnal Bidang Hukum Islam, 1(1).
Malik bin Anas. (n.d.). A-Mudawwanah, 1.
Muhammad al-Tâhir ibn ‘Asyur, Tafsir al-Tahrir wa al-Tanwir. (1984). Al-Dar al-Tunisiyyah.
Muhammad ibn Luffi al-Shibagh. (1990). Lumhat fi ‘Ulum al-Qur’an wa Ittijahat al-Tafsir. Maktabah al-Islami.
Muslim ‘Ali Ja’far. (1980). Manahij al-Mufassirun. Dar al-Ma’rifah.
News, K. (n.d.). Pro dan Kontra di Sejumlah Negara soal Salat Jumat Online. https://kumparan.com/kumparannews/pro-dan-kontra-di-sejumlah-negara-soalsalat-jumat-online-1uuaGwQjgf5.
Nisywan Abduh, R. J. (2011). Al-Jadhur Al-Tarikhiyah Li-Tafsir Al-Maqasidi Lil- Qur’an Al-Karim (Vol. 8, p. 196,). https://doi.org/10.31436/jia.v8i0.234.
Qotadah, H. A. (2020). Covid-19: Tinjauan Maqasid Al-Shariah Terhadap Penangguhan Pelaksanaan Ibadah Salat di Tempat Ibadah (Hifdz al-Nafs Lebih Utama Dari Hifdz al-Din? Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7 (7).
Ricoeur, P. (2009). Hermeneutika Ilmu Sosial, terj. Kreasi Wacana.
Riyadi, H. (2015). Fikih al-Maun: Fikih Sosial Kaum Marginal,” dalam Dalam Fikih Kebinekaan: Pandangan Islam Indonesia tentang Umat, Kewargaan, dan Kepemimpinan Non-Muslim (E. W. G. A. Wahid, Ed.). Mizan Pustaka.
Saleh, A. S. (2007). Metodologi Tafsir al-Qur’an Kontemporer Dalam Pandangan Fazlur Rahman. Sulthan Thaha Press.
Shihab, M. Q. (2013). Kaidah Tafsir: Syarat, Ketentuan, dan Aturan yang Patut Anda Ketahui dalam Memahami Ayat-ayat Al-Quran, cet. ke-2. Lentera Hati.
Shodiq, S. (2020). Penanganan Covid-19 Dalam Pendekatan Kaidah Fikih dan Ushul Fikih: Analisis Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Biang Keagamaan. Jurnal: al-Adalah: Jurnal Hukum dan Politik Islam, 5(2).
Sirajuddin, Sirajuddin,. Salenda, Kasjim., dan Haddade, Abdul Wahid. (2020). Peniadaan Salat Jumat Dalam Surat Edaran Gubernur Sulsel Nomor: 451.11/2057/2020 Selama Pandemi Covid-19 Perspektif Maq??id Al-Syar?ah”. NUKHBATUL ’ULUM: Jurnal Bidang Kajian Islam, 6(2).
Sudirman, dan R., & Rusdi, M. (2020). Resolusi Maqasid al-Syariah Terhadap Penanggulangan Virus Covid-19. Tasamuh: Jurnal Studi Islam, 12(2).
Syahatah, A. (2001). Ulum al-Tafsir. Dar al-Syuruq.
Syandri, S., Akbar, & Fadhlan. (2020). Penggunaan Masker Penutup Wajah Saat Salat Sebagai Langkah Pencegahan Wabah Coronavirus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(3).
Usman, M. H., Aswar, A., & Zulfiah Sam. (2020). Covid-19 Dalam Perjalanan Akhir Zaman: Sebab, Dampak Dan Anjuran Syariat Dalam Menghadapinya”. BUSTANUL FUQAHA: Jurnal Bidang Hukum Islam, 1(1).
Yunta, A. H. D., & Asri. (2020). Hukum Melaksanakan Salat Id Secara Personal (Munfarid. Sebuah Solusi Pelaksanaan Salat Id di Masa Wabah Covid- 19)”. BUSTANUL FUQAHA: Jurnal Bidang Hukum Islam 1, 2.
Yusram, M. (2020). Azan dan Kaifiatnya di Tengah Wabah Covid-19. BUSTANUL FUQAHA: Jurnal Bidang Hukum Islam 1, 2.

Downloads

Published

2022-02-07

How to Cite

Mubin, F., & Saihu, M. (2022). ANALISIS TAFSIR MAQASHIDI TENTANG PELAKSANAAN SALAT JUMAT ONLINE DI ERA PANDEMI. Al Burhan: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pengembangan Budaya Al-Qur’an, 21(02), 172–198. https://doi.org/10.53828/alburhan.v21i02.388