Dinamika Dakwah Islam dalam Era Digital: Kajian terhadap Strategi Implementasi dan Tantangan yang Dihadapi

Authors

  • Agustriani Muzayanah Universitas PTIQ Jakarta Author
  • Yasser Muda Lubis Universitas PTIQ Jakarta Author

DOI:

https://doi.org/10.53678/6n1zcq66

Keywords:

Dakwah, Strategi Dakwah, Tantangan Dakwah, Era Digital

Abstract

Tulisan ini membahas tentang strategi dan tantangan dakwah pada zaman digital. Saat ini, media teknologi informasi dan komunikasi berkembang sangat pesat. Hal tersebut tentu harus diikuti dengan berkembangnya perangkat atau sarana dakwah yang digunakan. Sekarang ini, aktivitas dakwah tidak hanya dilakukan dengan metode tatap muka langsung, akan tetapi bisa juga dilaksanakan dengan metode jarak jauh menggunakan sarana media digital seperti media internet dan media sosial. Perkembangan teknologi ini menjadi sebuah tantangan besar bagi setiap masyarakat Muslim dalam menjalankan aktivitas dakwahnya, dikarenakan belum semua mampu dan bisa beradaptasi dengan perkembangan media teknologi tersebut. Maka setiap masyakat Muslim perlu untuk memahami dan menentukan langkah-langkah strategis apa yang diterapkan dan tantangan dakwah apa yang bakal dihadapi. Langkah-langkah strategis yang harus dimiliki setiap muslim dalam berdakwah antara lain memperkaya diri dengan wawasan kelimuan, mengedepankan sikap kritis akan infomasi-informasi yang diterima, memanfaatkaan kemajuan teknologi informasi sebagai sarana dalam berdakwah, mempunyai kreatifitas yang tinggi dalam membuat konten-konten dakwah yang berkualitas, dan memberikan contoh yang baik dengan mengedepankan nilai-nilai etika yang baik. Tantangan dakwah pada zaman digital berupa kemampuan dalam digitalisasi buku-buku agama, menciptakan aplikasi yang memuat konten-konten keagamaan berbasis Android, memperbanyak media podcast yang berisi tentang pemahaman keagamaan sebagai media dalam dakwah.

Downloads

Published

2025-04-22