Manajemen Media TV9: Telaah Perkembangan Bisnis Dakwah di Era Media Baru
DOI:
https://doi.org/10.53678/0f6vr264Keywords:
Televisi, Bisnis, Dakwah, Komunikasi, Era Media BaruAbstract
Dakwah Islam dengan menggunakan media, merupakan salah satu bentuk aplikasi strategis bagi kaum muslim tentang perlunya melakukan syi’ar Islam dengan jangkauan yang lebih luas, sehingga diharapkan mampu untuk menarik animo masyarakat umum untuk mendengarkan seruan-seruan ajaran Islam. Proses penggunaan media dalam dakwah, sejatinya merupakan proses inovatif dalam melakukan dakwah agar “pesan hikmah” yang disampaikan bisa tersampaikan dengan baik dan maksimal. Seiring perkembangan teknologi informasi dan globalisasi, industri media massa juga mengalami perubahan yang signifikan. Perubahan tersebut terlihat jelas pada aspek struktur, mekanisme kerja dan operasional maupun konten media massa. Hal ini, pada akhirnya mendesak berbagai institusi media untuk mengikuti pola-pola persaingan bisnis industri media agar tetap bertahan. Ketatnya iklim persaingan dalam industri media massa pada akhirnya berpengaruh pada makin kuatnya nilai-nilai kepentingan ekonomi (profit) terhadap nilai-nilai idealisme media. Metode penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Manajemen media yang di terapkan pada TV9 ini sama seperti perusahaan media-media yang lain, yang membedakan di TV9 ini masih adanya kultur pesantren yang melekat, dikarenakan merupakan TV religi yang spirit kelahirannya dari para kaum santri. Mengenai aktivitas manajemen media terkait isu-isu dorongan pasar dan isu-isu kepentingan publik diantara kepentingan bisnis dan dakwah lebih condong pada orientasi dakwah dikarenakan dakwah merupakan visi dan misi dari TV9 dan kebanyakan program acaranya adalah program dakwah.